PANJAITAN, YUSUF (2012) PENGARUH METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL ) DAN KEMAMPUAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR DASAR-DASAR RENCANA ANGGARAN BIAYA PADA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIKKONTRUKSI BATU DAN BETON SMK NEGERI 1 MERDEKA BERASTAGI TAHUN AJARAN2. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM 081255310010 COVER.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
NIM 081255310010 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (487kB) | Preview
NIM 081255310010 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
NIM 081255310010 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
NIM 081255310010 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
NIM 081255310010 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
NIM 081255310010 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
NIM 081255310010 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
NIM 081255310010 BAB I.pdf - Published Version
Download (606kB) | Preview
NIM 081255310010 BAB V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
NIM 081255310010 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran dan kemampuan matematika siswa terhadap hasil belajar dasar-dasar rencana anggaran biaya di kelas XI program keahlian Teknik Konstruksi Batu dan Beton SMK Negeri 1 Merdeka Tahun Ajaran 2012/2013. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimen research yaitu dengan memberikan perlakuan yang berbeda pada kedua kelompok yang akan diteliti yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa tingkat XI SMK Negeri 1 Program Keahlian Teknik Konstruksi Batu dan Beton sebanyak 60 orang yang terdiri dari 2 kelas yaitu XITKBB1 dan XITKBB2. Subjek penelitian ini diambil dengan teknik total sampling, yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok perlakuan motode pembelajaran CTL sebanyak 30 orang di kelas XITKBB2 dan kelompok perlakuan motode pembelajaran konvensional sebanyak 30 orang di kelas XITKBB1. Data penelitian dikumpul dengan mempergunakan tes hasil belajar dasar-dasar rencana anggaran biaya dan dianalisis dengan anava dua jalur pada taraf signifikansi 5 %. Hasil uji persyaratan analisis menunjukkan bahwa sebaran data hasil belajar dasar-dasar rencana anggaran biaya yang diberi pembelajaran dengan metode CTL dan kemampuan matematika tinggi adalah berdistribusi normal dimana 2tabel(5,991) > 2hitung (5,44) dan data hasil belajar dasar-dasar rencana anggaran biaya yang diberi pembelajaran dengan metode metode konvensional dan kemampuan matematika rendah adalah distribusi normal dimana 2tabel (5,991) > 2hitung(2,90) dan data hasil belajar dasar-dasar rencana anggaran biaya yang diberi metode pembelajaran CTL dan memiliki kemampuan matematika rendah adalah distribusi normal dimana 2tabel(7,815) > 2tabel hitung(0,73) dan data hasil belajar dasar-dasar rencana anggaran biaya yang diberi pembelajaran dengan konvensional (ceramah) dan memiliki kemampuan matematika rendah adalah distribusi normal dimana 2tabel(9,448) > 2hitung(1,32) dan kedua varians data adalah Homogen karena 2 hitung(3,896)< 2tabel(7,815).. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pembelajaran dengan metode CTL dan pembelajaran metode konvensional (ceramah) memberi pengaruh yang berbeda secara signifikan terhadap hasil belajar dasar-dasar rencana anggaran biaya siswa kelas XI SMK Negeri 1 Merdeka Bersatagi dimana (Fhitung = 28,759 > Ftabel =4,016) (2) tinggi rendahnya kemampuan matematika memberi pengaruh yang berbeda secara signifikan terhadap hasil belajar dasar-dasar rencana anggaran biaya siswa kelas XI SMK Negeri 1 Merdeka Berastagi T.A. 2012/2013 dimana (Fhitung = 98,617 > Ftabel = 4,016), (3) tidak ada interaksi antara pembelajaran dengan metode CTL dan pembelajaran dengan metode konvensional dengan teinggi rendahnya kemampuan matematika siswa kelas XI SMK Negeri 1 Merdeka Berastagi T.A. 2012/2013 dimana (Fhitung = 0,877 < Ftabel = 4,016).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 690 Pan p |
Keywords: | Matematika;Operasional;Validitas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Cecilia Tampubolon |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 01 Nov 2016 07:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18606 |