Sinaga, Arif Yuandana (2016) EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR (SPPKB) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERPEN BERDASARKAN MASALAH SOSIAL OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 KISARAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2113111006 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM. 2113111006 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (541kB) | Preview
3. NIM. 2113111006 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
4. NIM. 2113111006 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
5. NIM. 2113111006 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6. NIM. 2113111006 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 2113111006 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 2113111006 BAB I.pdf - Published Version
Download (406kB) | Preview
12. NIM. 2113111006 BAB V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
13. NIM. 2113111006 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah banyak kemampuan siswa dalam menulis teks cerpen kurang khususnya bertemakan masalah sosial. Strategi pembelajaran yang digunakan guru kurang menarik sehingga hasilnya tidak efektif. Penelitian ini bertujuan mengetahui Efektivitas Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) terhadap kemampuan menulis teks cerpen berdasarkan masalah sosial oleh siswa kelas X SMA Negeri 4 Kisaran tahun pembelajaran 2015/2016.Jenis penelitian adalah penelitian True Experimental Design yang difokuskan pada kemampuan siswa menulis teks cerpen. Populasi penelitian ini siswa kelas X di SMA Negeri 4 Kisaran.Pada kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) dan kelas kontrol diberi perlakuan Strategi Pembelajaran Ekspositori.Perangkat pembelajaran berupa rencana pelaksanaan pembelajaran. Instrumen yang digunakan berupa tes. Teknik tes dalam penelitian adalah latihan menulis teks cerpen.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Rata-rata skor pada kelas eksperimen adalah 74,16 dan rata-rata skor kelas kontrol adalah 69,53.(2) Hasil pengujian hipotesis penelitian adalah t_hitung=2,51>t_tabel=1.67. sehingga dapat disimpulkan bahwa lebih efektif penggunaan strategi peningkatan kemampuan berpikir dibandingkan dengan strategi ekspositori terhadap kemampuan menulis teks cerpen berdasarkan masalah sosial oleh siswa kelas X SMA Negeri 4 Kisaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 IND 055 |
Keywords: | Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB); Strategi Pembelajaran Ekspositori; Menulis Teks Cerpen. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010 Poetry |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Apr 2016 01:43 |
Last Modified: | 21 Apr 2016 01:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1860 |