PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MENGUASAI TEORI DASAR ELEKTRONIKA PADA SISWA KELAS I PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO SMK SWASTA RAKSANA MEDAN

Sinaga, Lamtodo (2012) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MENGUASAI TEORI DASAR ELEKTRONIKA PADA SISWA KELAS I PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO SMK SWASTA RAKSANA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of NIM 61255210003 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf]
Preview
Text
NIM 61255210003 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[thumbnail of NIM 61255210003 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
NIM 61255210003 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[thumbnail of NIM 61255210003 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
NIM 61255210003 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of NIM 61255210003 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
NIM 61255210003 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[thumbnail of NIM 61255210003 BAB  I.pdf] Text
NIM 61255210003 BAB I.pdf - Published Version

Download (0B)
[thumbnail of NIM 61255210003 BAB V.pdf]
Preview
Text
NIM 61255210003 BAB V.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of NIM 61255210003 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
NIM 61255210003 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Menguasai Teori Dasar Elektronika pada Siswa Kelas I Program Keahlian Teknik Audio Video di SMK Swasta Raksana Medan pada Semester Ganjil Tahun Pembelajaran 2011/2012. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I Program Keahlian Teknik Audio Video di SMK Swasta Raksana Medan pada Semester Ganjil Tahun Pembelajaran 2011/2012. Sampel penelitian diperoleh dengan teknik sampel populasi yaitu dengan mengambil seluruh kelas sebagai sampel penelitian, maka sampel penelitian ini adalah kelas I Program Keahlian Teknik Audio Video (TAV1) yang berjumlah 24 orang dan kelas I Program Keahlian Teknik Audio Video (TAV2) yang berjumlah 24 orang, sehingga jumlah keseluruhan sampel adalah 48 orang.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimen. Teknik pengumpulan data dijaring dengan menggunakan tes objektif dan angket motivasi belajar. Untuk menguji normalitas data digunakan uji Liliefors pada taraf kepercayaan (&#945;) sebesar 0,05. Pada pembelajaran siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran discovery diperoleh Lhitung(0,1272) < Ltabel(0,1730) pada ketegori normal, pada pembelajaran siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran konvensional diperoleh Lhitung(0,1428) < Ltabel(0,1730) pada kategori normal, pada pembelajaran siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi diperoleh Lhitung(0,1488) < Ltabel(0,1730) pada kategori normal dan pada pembelajaran siswa yang memiliki motivasi belajar rendah diperoleh Lhitung(0,1125) < Ltabel(0,1730) pada ketegori normal. Untuk menguji homogenitas dibagi dalam dua kelompok varians dengan menggunakan uji Bartlett pada taraf kepercayaan (&#945;) 0,05. Kelompok varians pertama (antar strategi pembelajaran) diperoleh &#967;2hitung(3,61) < &#967;2tabel(3,84) dimana seluruh varians sampel adalah homogen dan kelompok varians kedua (antar motivasi belajar) diperoleh &#967;2hitung(0,09) < &#967;2tabel(3,84) dimana seluruh varians sampel adalah homogen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan hasil belajar yang sangat signifikan antara siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran discovery dan strategi pembelajaran konvensional pada siswa kelas I Program Keahlian Teknik Audio Video di SMK Swasta Raksana Medan pada Semester Ganjil Tahun Pembelajaran 2011/2012 dimana (Fhitung 7,77 > Ftabel 4,05) (2) terdapat perbedaan hasil belajar yang sangat signifikan antara siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dengan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah pada siswa kelas I Program Keahlian Teknik Audio Video di SMK Swasta Raksana Medan pada Semester Ganjil Tahun Pembelajaran 2011/2012 dimana (Fhitung 22,71 > Ftabel 4,05) (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar dalam mempengaruhi hasil belajar siswa pada siswa kelas I Program Keahlian Teknik Audio Video di SMK Swasta Raksana Medan pada Semester Ganjil Tahun Pembelajaran 2011/2012 dimana (Fhitung 4,73 > Ftabel 4,05).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 621.3 Sin p
Keywords: Skenario; Eksperimen;Instrumen
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Cecilia Tampubolon
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 05 Dec 2016 08:47
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18596

Actions (login required)

View Item
View Item