Sinaga, Lamtodo (2012) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MENGUASAI TEORI DASAR ELEKTRONIKA PADA SISWA KELAS I PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO SMK SWASTA RAKSANA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM 61255210003 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
NIM 61255210003 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
NIM 61255210003 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
NIM 61255210003 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
NIM 61255210003 BAB I.pdf - Published Version
Download (0B)
NIM 61255210003 BAB V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
NIM 61255210003 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Menguasai Teori Dasar Elektronika pada Siswa Kelas I Program Keahlian Teknik Audio Video di SMK Swasta Raksana Medan pada Semester Ganjil Tahun Pembelajaran 2011/2012. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I Program Keahlian Teknik Audio Video di SMK Swasta Raksana Medan pada Semester Ganjil Tahun Pembelajaran 2011/2012. Sampel penelitian diperoleh dengan teknik sampel populasi yaitu dengan mengambil seluruh kelas sebagai sampel penelitian, maka sampel penelitian ini adalah kelas I Program Keahlian Teknik Audio Video (TAV1) yang berjumlah 24 orang dan kelas I Program Keahlian Teknik Audio Video (TAV2) yang berjumlah 24 orang, sehingga jumlah keseluruhan sampel adalah 48 orang.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimen. Teknik pengumpulan data dijaring dengan menggunakan tes objektif dan angket motivasi belajar. Untuk menguji normalitas data digunakan uji Liliefors pada taraf kepercayaan (α) sebesar 0,05. Pada pembelajaran siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran discovery diperoleh Lhitung(0,1272) < Ltabel(0,1730) pada ketegori normal, pada pembelajaran siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran konvensional diperoleh Lhitung(0,1428) < Ltabel(0,1730) pada kategori normal, pada pembelajaran siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi diperoleh Lhitung(0,1488) < Ltabel(0,1730) pada kategori normal dan pada pembelajaran siswa yang memiliki motivasi belajar rendah diperoleh Lhitung(0,1125) < Ltabel(0,1730) pada ketegori normal. Untuk menguji homogenitas dibagi dalam dua kelompok varians dengan menggunakan uji Bartlett pada taraf kepercayaan (α) 0,05. Kelompok varians pertama (antar strategi pembelajaran) diperoleh χ2hitung(3,61) < χ2tabel(3,84) dimana seluruh varians sampel adalah homogen dan kelompok varians kedua (antar motivasi belajar) diperoleh χ2hitung(0,09) < χ2tabel(3,84) dimana seluruh varians sampel adalah homogen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan hasil belajar yang sangat signifikan antara siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran discovery dan strategi pembelajaran konvensional pada siswa kelas I Program Keahlian Teknik Audio Video di SMK Swasta Raksana Medan pada Semester Ganjil Tahun Pembelajaran 2011/2012 dimana (Fhitung 7,77 > Ftabel 4,05) (2) terdapat perbedaan hasil belajar yang sangat signifikan antara siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dengan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah pada siswa kelas I Program Keahlian Teknik Audio Video di SMK Swasta Raksana Medan pada Semester Ganjil Tahun Pembelajaran 2011/2012 dimana (Fhitung 22,71 > Ftabel 4,05) (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar dalam mempengaruhi hasil belajar siswa pada siswa kelas I Program Keahlian Teknik Audio Video di SMK Swasta Raksana Medan pada Semester Ganjil Tahun Pembelajaran 2011/2012 dimana (Fhitung 4,73 > Ftabel 4,05).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.3 Sin p |
Keywords: | Skenario; Eksperimen;Instrumen |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Cecilia Tampubolon |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 05 Dec 2016 08:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18596 |