Habeahan, Tiurmida (2012) PENGARUH STRATEGI QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR MERAWAT PERALATAN RUMAH TANGGA LISTRIK DI SMK NEGERI 1 MERDEKA BERASTAGI. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM 71255210031 COVER.pdf - Published Version
Download (983kB) | Preview
NIM 71255210031 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
NIM 71255210031 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
NIM 71255210031 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
NIM 71255210031 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
NIM 71255210031 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
NIM 71255210031 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
NIM 71255210031 DAFTAR BAGAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
NIM 71255210031 BAB 1.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
NIM 71255210031 BAB V.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
NIM 71255210031 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan pada kelas XI dalam bidang keahlian teknik istalasi tenaga listrik di SMK Negeri 1 Merdeka Berastagi tahun 2012. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI1 dan XI2 dimana XI1 = 31 orang dan XI2 = 29. Penarikan sampel pada penelitian ini ditentukan dengan menggunakan sampling acak sehingga diperoleh 21 orang per kelas yaitu 21 orang untuk kelas eksperimen dan 21 untuk kelas kontrol.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Teknik pengumpulan data dijaring dengan menggunakan test objektik. Untuk menguji normalitas digunakan uji Liliefors pada taraf kepercayaan 0,05. Pada pembelajaran quantum teaching diperoleh Lhitung = 0,1700 dan Ltabel =0,1764 maka diperoleh Lhitung < Ltabel yaitu : 0,1700<0,1764 pada kategori normal. Dan pada pembelajaran konvensional Lhitung = 0,1661 dan Ltabel =0,1764 maka diperoleh Lhitung < Ltabel yaitu : 0,1661<0,1764 pada kategori normal.Homogenesitas antara pembelajaran quantum teaching dan konvensional digunakan uji Barlett dan membandingkan varians terbesar dan varians terkecil pada tarif kepercayaan α = 0,05 diperoleh fhitung = 1,066 dan ftabel = 2,12 maka fhitung < ftabel = 1,066 < 2,12, dan disimpulkan bahwa varians sampel adalah homogen. Dengan menggunakan uji-t pihak kanan pada taraf kepercayaan (α=0,05) maka menguji hipotesis penelitian diperoleh, fhitung = 4,00 dan f tabel = 1,68 sehingga fhitung > f tabel = 4,00 >1,68 dan dapat kesimpulan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi quantum teachiing lebih tinggi secara signifikan dari hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan metode konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.3 Hab p |
Keywords: | Populasi; Sampel; Validitas |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Cecilia Tampubolon |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 25 Oct 2016 04:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18576 |