Simamora, Sonny (2012) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN GENIUS LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PENGETAHUAN DASAR TEKNIK BANGUNAN (PDTB) PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM 061255310022 COVER.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
NIM 061255310022 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
NIM 061255310022 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
NIM 061255310022 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
NIM 061255310022 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
NIM 061255310022 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
NIM 061255310022 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
NIM 061255310022 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
NIM 061255310022 BAB I.pdf - Published Version
Download (404kB) | Preview
NIM 061255310022 BAB V.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
NIM 061255310022 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh startegi pembelajaran Genius Learning dan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar Pengetahuan Dasar Teknik Bangunan Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun Pelajaran 2011/2012. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X Jurusan Teknik Bangunan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun Pelajaran 2011/2012 yang terdiri dari 3 kelas yaitu kelas X Teknik Gambar Bangunan A (32 orang), kelas X Teknik Gambar Bangunan B (32 orang) dan kelas X Teknik Konstruksi Kayu (32 orang). Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X GB A(32 orang) sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas X GB B (32 orang) sebagai kelompok kontrol.Data untuk ubahan hasil belajar Pengetahuan Dasar Teknik Bangunan (Y) diperoleh melalui tes. Sebelum instrumen untuk ubahan (Y) dipakai untuk menjaring data penelitian, terlebih dahulu dilakukan uji coba instrumen. Dari uji coba instrument diketahui bahwa 35 butir item tes yang disusun ternyata ada 6 butir tes yang tidak valid dan 6 butir tes kategori jelek yang mana dari keenam tes tersebut merupakan tes yang tidak valid. Dan 29 butir tes yang sisa tersebut ternyata reliabel dengan r_11=0,815 yang berarti tingkat keberartian tes hasil belajar sangat tinggi.Setelah data penelitian diperoleh, maka dilakukan uji persyaratan analisis guna mengetahui apakah data tersebut layak dipakai untuk menguji hipotesis penelitian yang menggunakan rumus uji-t. Uji persyaratan analisis yang dilakukan adalah uji normalitas. Dari uji normalitas yang dilakukan diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa data ubahan mempunyai sebaran data normal.Selanjutnya dari uji kecenderungan, data tes hasil belajar pada pembelajaran Genius Learning berada pada kategori tinggi yaitu 71,875 % dan hasil tes hasil belajar pembelajaran konvensional berada pada kategori cukup yaitu 75 %.Dari hasil uji-t hasil belajar pengetahuan dasar teknik bangunan siswa menggunakan pembelajaran Genius Learning dan pembelajaran konvensional pada taraf signifikan 5% = 1,999 diperoleh thitung > ttabel yakni 6,201 > 1,999, maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran Genius Learning dan konvensional mempunyai pengaruh yang berbeda pada mata diklat Pengetahuan Dasar Teknik Bangunan pada siswa kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun Pelajaran 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 690 Sim p |
Keywords: | Popupasi; Variabel; Sampel |
Subjects: | N Fine Arts > ND Painting > ND1470 Technique and materials |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Cecilia Tampubolon |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 26 Oct 2016 03:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18575 |