Simanjuntak, Risma Hotmaida (2015) IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK MODEL ILMIAH BERBASIS MANAJEMEN PENDIDIKAN UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU BIDANG STUDI BAHASA INDONESIA PADA SMP NEGERI DI KOTA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8136132046 COVER.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
2. NIM. 8136132046 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
3. NIM. 8136132046 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
4. NIM. 8136132046 PREFACE.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
5. NIM. 8136132046 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
6. NIM. 8136132046 TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM. 8136132046 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
8. NIM. 8136132046 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
9. NIM. 8136132046 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
13. NIM. 8136132046 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
14. NIM. 8136132046 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Implementasi Supervisi Akademik Model Ilmiah Berbasis Manajemen Pendidikan dapat Meningkatkan Kinerja Guru Bidang Studi Bahasa Indonesia Pada SMP Negeri di Kotamadya Medan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan sekolah. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 16 orang guru yang ditentukan dengan cara purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar Instrumen Penilaian Kinerja Guru (IPKG) 1, dan Lembar Observasi Supervisi Akademik Model Ilmiah Berbasis Manajemen Pendidikan. Hasil Penelitian diperoleh beberapa kesimpulan sebagai berikut : (1) Pada tahap pra siklus, tidak ada guru berada dalam kategori baik dan skor rata-rata nilai kinerja guru 30,44 dengan tingkat persentase 50,73%. (2) Pada tahap siklus pertama, skor rata-rata nilai kinerja guru 43,71 dengan tingkat persentase 72,85% dan berada dalam kategori cukup baik. (3) Pada siklus kedua, skor rata-rata nilai kinerja guru 52,69 dengan tingkat persentase 87,81% dan sebagian besar berada dalam kategori baik. Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa Implementasi Supervisi Akademik Model Ilmiah Berbasis Manajemen Pendidikan dapat Meningkatkan Kinerja Guru. Untuk itu bagi guru bidang studi Bahasa Indonesia agar membekali dirinya dengan menambah ilmu pengetahuan khususnya ketrampilan mengajar melalui pelatihan dan pendidikan sehingga kinerja guru dapat meningkat dan anak didik mendapatkan ilmu yang maksimal.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.203 Sim i |
Keywords: | Supervisi Akademik; Model Ilmiah; Manajemen Pendidikan; Kinerja |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 20 Apr 2016 08:05 |
Last Modified: | 21 Apr 2016 01:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1851 |