LumbanGaol, Tutianti (2015) PERAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENGATASI KENAKALAN SISWA KELAS VIII SMP SWASTA MULIA KOTA RANTANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3112111009 COVER .pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
2. NIM. 3112111009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
3. NIM. 3112111009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
4. NIM. 3112111009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
5. NIM. 3112111009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
6. NIM. 3112111009 TABLES.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
7. NIM. 3112111009 APPANDICES.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
8. NIM. 3112111009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
12. NIM. 3112111009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
13. NIM. 3112111009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru PKn dalam mengatasi kenakalan siswa Kelas VIII SMP Swasta Mulia Kota Rantang Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Swata Mulia Kota Rantang yang berjumlah 87 Siswa yang terdiri dari dua kelas dan sampel yang diambil seluruh jumlah populasi yaitu berjumlah 87 siswa dengan tehnik random sampel. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara observasi, penyebaran angket dan wawancara/interview. Tehnik analisis data yang digunakan untuk penelitian ini dengan rumus statistik sederhana (persentase). Hasil penelitian dan pembahasan maka diambil kesimpulan : “guru pendidikan kewarganegaraan sangat besar peranannya dalam menggatasi siswa-siswa yang nakal di SMP Swasta Mulia Kota Rantang yaitu berada diantara 85%-100%. Ini membuktikan bahwa peran guru PKn benar adanya dalam mengatasi kenakalan siswa yaitu guru PKn bereran sebagai penasehat, pelatih, pengajar, pembimbing, dan model/teladan. Kenakalan siswa yang terjadi di SMP Swasta Mulia ini masih tergolongan kedalam kenakalan ringan. Adapun hambatan-hambatan yang dialami guru dalam mengatasi kenakalan siswa ini adalah siswa yang sering diganggu oleh temannya tidak segera memberi tahu kepada guru sehingga guru kurang cepat mengambil tindakan kemudian siswa yang merokok sering melakukannya diluar jam sekolah jadi guru kurang bisa mengontrol perilaku siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 PKN 043 |
Keywords: | Peran Guru; Kenakalan siswa |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mrs Cecilia Tampubolon |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 17 Oct 2016 03:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18497 |