Desi (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 3 TANJUNG SARI TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3112111004 COVER.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
2. NIM. 3112111004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
3. NIM. 3112111004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
4. NIM. 3112111004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
5. NIM. 3112111004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
6. NIM. 3112111004 TABLES.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
7. NIM. 3112111004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
8. NIM. 3112111004 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
9. NIM. 3112111004 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (464kB) | Preview
13. NIM. 3112111004 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
14. NIM. 3112111004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menerapkan model belajar STAD (Student Teams Achievement Division) pada mata pelajaran PKn di SMP Muhammadiyah 3 Tanjung Sari Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 3 Tanjung Sari. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) yang dilakukan dalam dua siklus dengan empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII Reguler B yang berjumlah 40 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes hasil belajar, lembar observasi serta angket. Pada penelitian ini teknik analisis data yang dipakai adalah deskriptif sederhana yaitu P = F/N X100 %. Dengan keterangan P = Angka Prestasi, F = Jumlah frekuensi, N = Jumlah responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pretest dari 40 orang siswa hanya 5 orang siswa (12,5%) yang mencapai angka ketuntasan dengan nilai rata-rata 60,75. Setelah dilakukan siklus I jumlah siswa yang tuntas sebanyak 19 orang siswa (47,5%) dengan nilai rata-rata 71,25 dan setelah diadakan siklus II jumlah siswa yang tuntas sebanyak 36 orang siswa (90%) dengan nilai rata-rata 84.75. Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Tanjung Sari.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 PKN 026 |
Keywords: | Penerapan; Hasil Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mrs Cecilia Tampubolon |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 14 Oct 2016 05:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18487 |