Oktafiyani, Dwi (2015) PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS MULTIKULTURALISME DI SMA NEGERI 2 PADANGSIDIMPUAN T.A 2014-2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER SKRIPSI pdf.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN pdf.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
3. ABSTRAK pdf.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR pdf.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
5. DAFTAR ISI SKRIPSI pdf.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL pdf.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
7. BAB I pdf.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
11. BAB V pdf.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
12. DAFTAR PUSTAKA pdf.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
Abstract
Pembelajaran sejarah adalah salah satu pembelajaran yang sarat akan nilai-nilai luhur termasuk di dalamnya nilai-nilai multikulturalisme yang sudah selayaknya ditanamkan kepada diri setiap siswa karena setiap siswa sudah pasti memiliki latar belakang yang berbeda baik dari segi agama, budaya, kehidupan ekonomi dan sosial, etnis hingga warna kulit. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Padangsidimpuan dikarenakan sekolah ini merupakan sekolah yang memiliki latar belakang siswa yang beragam dibandingkan sekolah lain di kota Padangsidimpuan. Dalam penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 83 orang yang merupakan siswa SMA Negeri 2 Padangsidimpuan kelas XI IPA 3 dan XI IPS 1. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisa pemahaman dan sikap serta prilaku multikulturalisme yang dimiliki oleh siswa SMA Negeri 2 Padangsidimpuan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptip kualitatif dan menggunakan teknik pengambilan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi, dan qustionner. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa siswa SMA Negeri 2 Padangsidimpuan telah memahami dan mampu mengaplikasikan nilai-nilai multikulturalisme di kesehariannya pada saat berada di lingkungan sekolah baik dalam proses pembelajaran maupun diluar jam pelajaran berlangsung. sikap yang terlihat mencerminkan nilai multikulturalisme, yaitu mampu belajar hidup di dalam perbedaan, membangun saling percaya, memelihara saling pengertian, menjunjung sikap saling menghargai, terbuka di dalam berpikir, apresiasi dan interdepedensi, resolusi konflik, dan rekonsiliasi nir kekerasan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 SJRH 011 |
Keywords: | Pembelajaran Sejarah; Sikap Multikulturalisme |
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Mrs Cecilia Tampubolon |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 14 Oct 2016 02:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18471 |