Risanti, Nanda (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 38 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2102111019 COVER.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
2. NIM 2102111019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (946kB) | Preview
3. NIM 2102111019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
3. NIM 2102111019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4. NIM 2102111019 PREVACE.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
5. NIM 2102111019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
6. NIM 2102111019 TABLES.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
7. NIM 2102111019 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
8. NIM 2102111019 FIGURE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
9. NIM 2102111019 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (306kB) | Preview
13. NIM 2102111019 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
14. NIM 2102111019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran saintifik terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 38 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini berjumlah 160 siswa. Dari 160 siswa tersebut, ditetapkan sampel sebanyak 40 siswa yang diambil menggunakan system (random sampling). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen one-group pre-test post-test design. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes uraian. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”.
Data yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa seelum menggunakan model Pembelajaran saintifik tergolong dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 56,67, sedangkan kemampuan menulis teks hasil observasi siswa setelah menggunakan model pembelajaran saintifik tergolong dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 82,4. Selanjutnya, uji hipotesis menunjukkan thitung (2,01) ttabel (1,68) pada taraf signifikan 0,05. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh model pembelajaran saintifik terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 38 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Hal ini menunjukkan bahwa hasil pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi siswa setelah menggunakan model pembelajaran saintifik lebih baik daripada hasil pembelajaran sebelum menggunakan model pembelajransaintifik, dan proses pembelajaran setelah menggunakan model pembelajaran saintifik berpengaruh positif terhadap kemampuan siswa dalam menulis teks laporan hasil observasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 IND 052 |
Keywords: | Saintifik; Teks Laporan Hasil Observasi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Apr 2016 03:56 |
Last Modified: | 20 Apr 2016 03:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1840 |