PERANAN WILLEM ISKANDAR DALAM PENDIDIKAN SEKOLAH GURU DI TANOBATO MANDAILING SUNATERA UTARA (1862-1874)

Maimunah (2014) PERANAN WILLEM ISKANDAR DALAM PENDIDIKAN SEKOLAH GURU DI TANOBATO MANDAILING SUNATERA UTARA (1862-1874). Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 3102121009 COVER.pdf]
Preview
Text
1. 3102121009 COVER.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[thumbnail of 2. 3102121009 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. 3102121009 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 3. 3102121009 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. 3102121009 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 4. 3102121009 KATA PENGANTAR .pdf]
Preview
Text
4. 3102121009 KATA PENGANTAR .pdf - Published Version

Download (354kB) | Preview
[thumbnail of 5. 3102121009 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. 3102121009 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 6. 3102121009 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
6. 3102121009 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview
[thumbnail of 7. 3102121009 BAB I.pdf]
Preview
Text
7. 3102121009 BAB I.pdf - Published Version

Download (563kB) | Preview
[thumbnail of 11. 3102121009 BAB V.pdf]
Preview
Text
11. 3102121009 BAB V.pdf - Published Version

Download (338kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui riwayat hidup Willem Iskander sebagai tokoh pendidikan.2)Untuk mengetahui latar belakang Willem Iskander pendirian sekolah guru di Tanobato Kabupaten Mandailing Natal. 3) Untuk mengetahui pengaruh sekolah guru terhadap perkembangan pendidikan di Mandailing Natal.selanjutnya Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah Willem Iskander merupakan seorang tokoh pendidikan yang berperan dalam peningkatan pendidikan pada masyarakat Mandailing. Adapun Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan study pustaka (library research). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan wawancara (interview) dan literatur. Sedangkan informan dalam penelitian ini adalah tokoh masyarakat disekitar lokasi penelitian. Setelah data terkumpul kemudian di lakukan verifikasi atau di kritik sumber, selanjutnya di lakukan interprestasi dan sebagai tahap akhir adalah dengan menganalisis dan menyajikan ( rekonstruksi ) kembali fakta –fakta dalam suatu cara yang menarik. Dari hasil penelitian yang di lakukan maka di peroleh hasil bahwa Willem Iskander sangat berperan dalam meningkatkan pendidikan masyarakat Mandailing bahkan sampai kewilayah Sumatera. Salah satu peran pentingnya adalah membangun sekolah keguruan pertama di Sumatera yaitu Kweekschool Tanobato dan sekaligus menjadi guru disekolah tersebut. Willem Iskander menulis sebuah buku yang berjudul Si Bulus Bulus Si Rumbuk Rumbuk yang menjadi sumber inspirasi bagi masyarakat untuk mengenyamkan pendidikan maupun perlawanan terhadap penjajahan.Kata

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 920.959 81 Mas p
Keywords: Peranan, Willem Iskander, Pendidikan Sekolah Guru, Tanobato Mandailing.
Subjects: L Education > LA History of education > LA2301 Biography
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Mrs Cecilia Tampubolon
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 10 Oct 2016 04:36
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18398

Actions (login required)

View Item
View Item