Nisyah, Khairun (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN MEREVISI TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS VII MTS AL-KAUTSAR AL-AKBAR MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2104/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2 Lembar Persetujuan dan Pengesahan.pdf - Published Version
Download (508kB) | Preview
3 Abtrak.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
8. BAB I.pdf - Published Version
Download (365kB) | Preview
12. BAB V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
13 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan merevisi teks eksposisi siswa kelas VII MTS Al-kautsar Al-akbar Medan. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTS Al-kautsar Al-akbar Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015 yang berjumlah 135 orang siswa. Sampel diambil secara acak kelas yaitu kelas VII C yang berjumlah 30 orang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes merevisi teks. Dari pengelolaan data diperoleh hasil pre test dengan rata-rata = 64,52 sedangankan data dari hasil post test 73,7. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa nilai merevisi eksposisi setelah melakukan post test lebih tinggi daripada sebelum dilakukan.
Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Dari pengolahan data diperoleh rata-rata pre test = 64,52 standar deviasi = 6,26 standart eror 1,14 pada post test diperoleh rata-rata 73,7 standart deviasi = 8,32 standar eror = 1,52 berdasarkan uji normalitas hasil pre test dan post test berdistribusi normal. Harga F di dapat dari tabel dengan taraf nyata = 0,05 atau F0 (n1-1n2-1) Fhitung <Ftabel atau 1,76<1,84 sehingga dapat disimpulkan bahwa sampel berasal dari kelompok yang homogen. Kemudian, berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Hasil perhitungan uji “t” diperoleh nilai t0=4,83. Setelah t0 diketahui maka nilai tersebut akan dikonsultasikan dengan tabel 1 pada taraf signifikan 5% df = n-1 = 31-1 = 30 diperoleh taraf signifikan 5% sebesar 2,04. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan maka dapat diketahui t0>ttabel yakni 4,83>2,04. Dengan demikian H0 (hipotesis nihil) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh penggunaan model berbasis masalah dalam kemampuan merevisi teks eksposisi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 IND 007 |
Keywords: | Model Berbasis Masalah; Merevisi Teks Eksposisi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P306 Translating and interpreting |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Apr 2016 03:19 |
Last Modified: | 20 Apr 2016 03:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1837 |