EFEK MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH MAHASISWA DI JURUSAN FISIKA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN T.P 2014/2015

Lubis, Nailan Fakhriyah (2015) EFEK MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH MAHASISWA DI JURUSAN FISIKA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN T.P 2014/2015. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8126176016 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8126176016 COVER.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8126176016 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8126176016 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8126176016 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8126176016 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8126176016 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8126176016 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8126176016 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8126176016 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8126176016 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8126176016 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8126176016 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8126176016 BAB I.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8126176016 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8126176016 BAB V.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8126176016 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8126176016 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui efek model Problem Based Learning terhadap keterampilan pemecahan masalah mahasiswa, untuk mengetahui efek keterampilan berpikir kritis terhadap keterampilan pemecahan masalah mahasiswa dan untuk mengetahui interaksi antara model Problem Based Learning dan keterampilan berpikir kritis terhadap keterampilan pemecahan masalah mahasiswa. Sampel dalam penelitian ini dilakukan secara cluster random sampling sebanyak dua kelas, dimana kelas pertama sebagai kelas eksperimen diterapkan model Problem Based Learning dan kelas kedua sebagai kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen keterampilan pemecahan masalah dalam bentuk essai sebanyak 5 soal dan insrumen keterampilan berpikir kritis bentuk essai sebanyak 5 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Dari hasil dapat disimpulkan bahwa keterampilan pemecahan masalah fisika mahasiswa yang diajarkan dengan model Problem Based Learning lebih baik daripada keterampilan pemecahan masalah pembelajaran konvensional. Keterampilan pemecahan masalah mahasiswa yang memiliki keterampilan berpikir kritis tinggi lebih baik daripada keterampilan pemecahan masalah yang memiliki keterampilan berpikir kritis rendah. Model Problem Based Learning dan keterampilan berpikir kritis berinteraksi dalam mempengaruhi keterampilan pemecahan masalah mahasiswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 530.071 1 Lub e
Keywords: Model problem based learning; Keterampilan berpikir kritis; Keterampilan pemecahan masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QC Physics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 19 Apr 2016 04:36
Last Modified: 19 Apr 2016 04:36
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1825

Actions (login required)

View Item
View Item