Sari, Aplia Lolita (2015) EFEK MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DAN TEAMWORK SKILL TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8136176003 COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM 8136176003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
3. NIM 8136176003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
4. NIM 8136176003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
5. NIM 8136176003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (24kB) | Preview
6. NIM 8136176003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
7. NIM 8136176003 TABLES.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
8. NIM 8136176003 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM 8136176003 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
13. NIM 8136176003 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
14. NIM 8136176003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis : apakah ada perbedaan hasil belajar fisika siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dan model pembelajaran konvensional, apakah ada perbedaan hasil belajar fisika antara kelompok teamwork skill diatas rata-rata dan kelompok teamwork skill dibawah rata-rata dan apakah ada interaksi antara model pembelajaran dengan tingkat teamwork skill siswa dalam mempengaruhi hasil belajar siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Darussalam Medan. Pemilihan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan cluster random class. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes hasil belajar fisika siswa dan lembar observasi teamwork skill. Adapun tes yang digunakan untuk memperoleh data adalah tes berbentuk uraian. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan ANAVA dua jalur. Hasil belajar fisika siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation lebih baik dari hasil belajar fisika siswa dengan model pembelajaran konvensional dimana rata-rata hasil belajar fisika siswa pada kelas eksperimen adalah 74,71 sedangkan pada kelas konvensional sebesar 64,57. Hasil belajar fisika antara kelompok teamwork skill diatas rata-rata lebih baik daripada hasil belajar fisika antara kelompok teamwork skill dibawah rata-rata dimana rata-rata hasil belajar fisika antara kelompok teamwork skill diatas rata-rata sebesar 80,89 sedangkan hasil belajar fisika antara kelompok teamwork skill dibawah rata-rata sebesar 71,31. Terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan tingkat teamwork skill siswa dalam mempengaruhi hasil belajar siswa. Kemampuan teamwork skill mempengaruhi hasil belajar fisika siswa apabila menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation sedangkan teamwork skill tidak mempengaruhi hasil belajar fisika apabila menggunakan konvensional.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 Sar e |
Keywords: | Group investigation; Teamwork skill; Hasil belajar fisika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 19 Apr 2016 04:19 |
Last Modified: | 19 Apr 2016 04:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1822 |