PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERYLEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN PADA SISWA KELAS X SMANEGERI 1 DELI TUA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Barus, Triani (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERYLEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN PADA SISWA KELAS X SMANEGERI 1 DELI TUA TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. COVER.pdf]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of 2. Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (522kB) | Preview
[thumbnail of 3. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (369kB) | Preview
[thumbnail of 4. KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[thumbnail of 5. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 6. DAFTAR BAGAN.pdf]
Preview
Text
6. DAFTAR BAGAN.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of 7. DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 8. DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
8. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 10. BAB I.pdf]
Preview
Text
10. BAB I.pdf - Published Version

Download (451kB) | Preview
[thumbnail of 14. BAB V.pdf]
Preview
Text
14. BAB V.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of 15. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Deli Tua, jenis penelitian ini adalahPenelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan Model PembelajaranDiscovery Learning untuk meningkatkan Hasil Belajar PKn pada siswa kelas XSMA Negeri 1 Deli Tua.Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu Observasi,Angket dan Tes Hasil Belajar. Tes hasil belajar dilakukan dengan teknikpenemuan dan di akhiri dengan teknik diskusi dengan pembagian 4 kelompok (7-8 orang per kelompok) menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning.Pada penelitian ini teknik analisis data yang dipakai adalah Metode DeskriptifKuantitatif sederhana dengan menggunakan rumus &#119875;&#119875;&#119867; =&#119891;&#119873;&#119909;100% dengankriteria presentase penilaian hasil (PPH) 0% &#61603; PPH < 74% = Siswa belum tuntasdalam belajar, 75% &#61603; PPH &#61603; 100% = Siswa sudah tuntas dalam belajar.Setelah pelaksanaan pre test diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar secaraklasikal yaitu terdapat 11 orang siswa (35,48%) yang tuntas dalam belajar dan 20orang siswa (64,52%) yang tidak tuntas dalam belajar. Setelah pelaksanaan siklusI dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning diperoleh tingkatketuntasan hasil belajar yaitu 21 orang siswa (67,74%) yang tuntas dalam belajardan 10 orang siswa (32,26%) yang tidak tuntas dalam belajar. Setelah pelaksanaansiklus II dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning diperolehtingkat ketuntasan hasil belajar sebanyak 27 orang siswa (87,10%) yang tuntasdalam belajar dan 4 orang siswa (12,90%) yang tidak tuntas dalam belajar.Dengan demikian dapat dikatakan kegiatan pembelajaran dengan menggunakanmodel pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar PKnpada siswa kelas X SMA Negeri 1 Deli Tua Tahun Pelajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 181.160 712 Bar p
Keywords: Belajar;Hasil Belajar; Model Pembelajar; Discovery Learning; Hakekat PKn
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 17 Dec 2018 08:28
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18196

Actions (login required)

View Item
View Item