Barus, Triani (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERYLEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN PADA SISWA KELAS X SMANEGERI 1 DELI TUA TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (522kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (369kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
6. DAFTAR BAGAN.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
7. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
8. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
10. BAB I.pdf - Published Version
Download (451kB) | Preview
14. BAB V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Deli Tua, jenis penelitian ini adalahPenelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan Model PembelajaranDiscovery Learning untuk meningkatkan Hasil Belajar PKn pada siswa kelas XSMA Negeri 1 Deli Tua.Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu Observasi,Angket dan Tes Hasil Belajar. Tes hasil belajar dilakukan dengan teknikpenemuan dan di akhiri dengan teknik diskusi dengan pembagian 4 kelompok (7-8 orang per kelompok) menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning.Pada penelitian ini teknik analisis data yang dipakai adalah Metode DeskriptifKuantitatif sederhana dengan menggunakan rumus 𝑃𝑃𝐻 =𝑓𝑁𝑥100% dengankriteria presentase penilaian hasil (PPH) 0%  PPH < 74% = Siswa belum tuntasdalam belajar, 75%  PPH  100% = Siswa sudah tuntas dalam belajar.Setelah pelaksanaan pre test diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar secaraklasikal yaitu terdapat 11 orang siswa (35,48%) yang tuntas dalam belajar dan 20orang siswa (64,52%) yang tidak tuntas dalam belajar. Setelah pelaksanaan siklusI dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning diperoleh tingkatketuntasan hasil belajar yaitu 21 orang siswa (67,74%) yang tuntas dalam belajardan 10 orang siswa (32,26%) yang tidak tuntas dalam belajar. Setelah pelaksanaansiklus II dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning diperolehtingkat ketuntasan hasil belajar sebanyak 27 orang siswa (87,10%) yang tuntasdalam belajar dan 4 orang siswa (12,90%) yang tidak tuntas dalam belajar.Dengan demikian dapat dikatakan kegiatan pembelajaran dengan menggunakanmodel pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar PKnpada siswa kelas X SMA Negeri 1 Deli Tua Tahun Pelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 181.160 712 Bar p |
Keywords: | Belajar;Hasil Belajar; Model Pembelajar; Discovery Learning; Hakekat PKn |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 17 Dec 2018 08:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18196 |