Siagian, Asister Fernando (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8126176003 COVER.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
2. NIM. 8126176003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
3. NIM. 8126176003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
4. NIM. 8126176003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
5. NIM. 8126176003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
6. NIM. 8126176003 TABLES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7. NIM. 8126176003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM. 8126176003 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. NIM. 8126176003 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
13. NIM. 8126176003 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
14. NIM. 8126176003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui apakah ada perbedaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, apakah ada perbedaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan model pembelajaran konvensional terhadap keterampilan proses sains siswa. Sampel penelitian ini dilakukan secara random sampling sebanyak dua kelas, dimana kelas pertama sebagai kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kelas kedua sebagai kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen tes kemampuan berpikir kritis dalam bentuk uraian sebanyak 4 soal dan insrumen tes keterampilan proses sains dalam bentuk uraian sebanyak 9 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, Kemampuan berpikir kritis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih baik dari pembelajaran konvensional Ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dan model pembelajaran konvensional terhadap keterampilan proses sains siswa, Keterampilan proses sains siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih baik dari pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 500.071 2 Sia p |
Keywords: | Inkuiri terbimbing; Keterampilan proses sains; Berpikir kritis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 19 Apr 2016 04:01 |
Last Modified: | 19 Apr 2016 04:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1819 |