PENERAPAN MODELPEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJARSISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN KELAS X SMAN 5 MEDAN TAHUN PELAJARAN2013/2014

Sianipar, Rudi Susanto (2014) PENERAPAN MODELPEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJARSISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN KELAS X SMAN 5 MEDAN TAHUN PELAJARAN2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1.RUDI SUSANTO SIPAHUTAR, NIM. 3102111011 (COVER).pdf]
Preview
Text
1.RUDI SUSANTO SIPAHUTAR, NIM. 3102111011 (COVER).pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 2. RUDI SUSANTO SIPAHUTAR, NIM.3102111011 (LEMBAR PENGESAHAN).pdf]
Preview
Text
2. RUDI SUSANTO SIPAHUTAR, NIM.3102111011 (LEMBAR PENGESAHAN).pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview
[thumbnail of 3. RUDI SUSANTO SIPAHUTAR, NIM.3102111011 (KATA PENGANTAR).pdf]
Preview
Text
3. RUDI SUSANTO SIPAHUTAR, NIM.3102111011 (KATA PENGANTAR).pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of 4. RUDI SUSANTO SIPAHUTAR, NIM.3102111011 (ABSTRAK).pdf]
Preview
Text
4. RUDI SUSANTO SIPAHUTAR, NIM.3102111011 (ABSTRAK).pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 5. RUDI SUSANTO SIPAHUTAR, NIM.3102111011 (DAFTAR ISI).pdf]
Preview
Text
5. RUDI SUSANTO SIPAHUTAR, NIM.3102111011 (DAFTAR ISI).pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 6.RUDI SUSANTO SIPAHUTAR, NIM.3102111011 (DAFTAR TABEL).pdf]
Preview
Text
6.RUDI SUSANTO SIPAHUTAR, NIM.3102111011 (DAFTAR TABEL).pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of 7.RUDI SUSANTO SIPAHUTAR, NIM.3102111011 (DAFTAR BAGAN).pdf]
Preview
Text
7.RUDI SUSANTO SIPAHUTAR, NIM.3102111011 (DAFTAR BAGAN).pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[thumbnail of 8.RUDI SUSANTO SIPAHUTAR, NIM.3102111011(DAFTAR GAMBAR).pdf]
Preview
Text
8.RUDI SUSANTO SIPAHUTAR, NIM.3102111011(DAFTAR GAMBAR).pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[thumbnail of 9.RUDI SUSANTO SIPAHUTAR, NIM.3102111011 (DAFTAR GRAFIK).pdf]
Preview
Text
9.RUDI SUSANTO SIPAHUTAR, NIM.3102111011 (DAFTAR GRAFIK).pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[thumbnail of 10.RUDI SUSANTO SIPAHUTAR, NIM.3102111011 (DAFTAR LAMPIRAN).pdf]
Preview
Text
10.RUDI SUSANTO SIPAHUTAR, NIM.3102111011 (DAFTAR LAMPIRAN).pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of 11.RUDI SUSANTO SIPAHUTAR, NIM.3102111011 (BAB.I).pdf]
Preview
Text
11.RUDI SUSANTO SIPAHUTAR, NIM.3102111011 (BAB.I).pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview
[thumbnail of 15.RUDI SUSANTO SIPAHUTAR, NIM.3102111011(BAB.V).pdf]
Preview
Text
15.RUDI SUSANTO SIPAHUTAR, NIM.3102111011(BAB.V).pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 16.RUDI SUSANTO SIPAHUTAR, NIM.3102111011(DAFTAR PUSTAKA).pdf]
Preview
Text
16.RUDI SUSANTO SIPAHUTAR, NIM.3102111011(DAFTAR PUSTAKA).pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview

Abstract

Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasilbelajar siswa pada mata pelajaran PPKn siswa kelas X SMAN 5 Medan. Tujuanpenelitian ini adalah untuk mengetahui dengan menerapkan model pembelajaranNumbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar PPKn siswa kelas X.Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 5 Medan Tahun Pelajaran 2013/ 2014.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X yang terdiri dari 11 kelas.Kemudian yang digunakan sebagai sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelasX IIS-1 yang berjumlah 35 orang siswa. Penelitian ini berbentuk PenelitianTindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus yaitu siklus I dan II, yangterdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Untukmemperoleh data dalam penelitian ini dilakukan observasi dan tes hasil belajar.Sebelum menerapkan model pembelajaran NHT, peneliti terlebih dahulumemberikan tes awal (pre test) kepada siswa untuk mengetahui kemampuan awalsiswa. Selanjutnya pada siklus I dan II penulis menerapkan model pembelajaranNHT, dan diakhir pembelajaran peneliti memberikan tes hasil belajar (post test).Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata perolehan keseluruhan siswa pada teskemampuan awal (pre test) adalah 47,71. Dimana dari 35 orang siswa, 31 orangsiswa (88,57%) dinyatakan tidak tuntas dalam belajar, dan 4 orang siswa(11,43%) tuntas dalam belajar. Pada siklus I, perolehan rata-rata nilai darikeseluruhan siswa adalah 70,17. Dimana dari 35 orang siswa, 18 orang siswa(51,43%) dinyatakan tidak tuntas dalam belajar, sedangkan 17 orang siswa(48,57%) dinyatakan telah tuntas dalam belajar. Pada siklus II, rata-rata nilaikeseluruhan siswa adalah 89. Dimana dari 35 orang siswa, 32 orang siswa(91,43%) dinyatakan tuntas dalam belajar, sedangkan 3 orang siswa (8,57%)dinyatakan tidak tuntas belajar. Dari hasil penelitian siklus I ke siklus IIdinyatakan bahwa terdapat peningkatan persentase hasil belajar siswa. Dimanarata-rata nilai siswa dari siklus I ke siklus II peningkatannya sebesar 18,83.Persentase ketuntasan hasil belajar meningkat juga meningkat dari siklus I kesiklus II yaitu 42,86% dari keseluruhan jumlah siswa. Dengan demikian dapat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 181.160 712 Sip p
Keywords: Belajar; Prinsip-Prinsip;Faktor-Faktor;Hasil Belajar;Model Pembelajaram;Kooperatif;Numbered Heads Togehter
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 17 Dec 2018 08:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18189

Actions (login required)

View Item
View Item