Pasaribu, Eva (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFMAKE A MATCH PADA MATERI SISTEM HUKUM DAN PERADILAN NASIONAL INDONESIA DIKELAS X SMK NUSANTARA LUBUK PAKAM T.A. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
cover skripsi.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
LEMBAR PENGESAHAN & PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (488kB) | Preview
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
BAB I.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
BAB V.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
daftar pustaka.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan : (1) Aktivitasbelajar PKn yang dilihat dari ranah afektif dan psikomotorik siswa pada materiSistem Hukum dan Peradilan Nasional Indonesia dengan menggunakan modelpembelajaran kooperatif Make A Match. (2) Hasil belajar PKn siswa pada materiSistem Hukum dan Peradilan Nasional Indonesia dengan menggunakan modelpembelajaran Make A Match di SMK Nusantara Lubuk Pakam, Kelas X-Adm.Perkantoran Semester 2 T.A 2013/2014.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjekpenelitian kelas X-Adm. Perkantoran yang berjumlah 40 siswa. Penelitian inidilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalahteknik komunikasi tidak langsung dan teknik analisis data yang digunakan adalahanalisis deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas belajar siswa denganmenggunakan model Make A Match pada materi Sistem Hukum dan PeradilanNasional Indonesia dari ranah afektif meningkat dengan rata-rata 38,36% (46,97%pada siklus I menjadi 85,33% pada siklus II). 2) Aktivitas belajar siswa denganmenggunakan model Make A Match pada materi Sistem Hukum dan PeradilanNasional Indonesia dari ranah psikomotorik meningkat dengan rata-rata 40,31%(41,72% pada siklus I menjadi 82,03% pada siklus II). 3) Hasil belajar siswa padamateri Sistem Hukum dan Peradilan Nasional dengan menggunakan model MakeA Match juga meningkat, sebesar 20% (67,50% pada siklus I menjadi 87,50%pada siklus II). Dari data-data yang dihasilkan menunjukkan bahwa penerapanmodel pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan aktivitas belajar siswadan hasil belajar siswa di SMK Nusantara Lubuk Pakam. Penelitian ini jugamenunjukkan adanya hubungan antara peningkatan aktivitas belajar siswa denganketuntasan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 181.719 Pas p |
Keywords: | Belajar; faktor-Faktor; Hasil belajar; Kooperatif;make a Match |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 17 Dec 2018 04:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18178 |