Susilo, Andri (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VALUECLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) DALAM MENINGKATKAN KESADARAN NILAIDEMOKRASI SISWA PADA PEMBELAJARAN PKN DI KELAS XI SMA SWASTA PERSIAPANSTABAT TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 3103111009 COVER.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
2. NIM 3103111009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
3. NIM 3103111009 ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
4. NIM 3103111009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
5. NIM 3103111009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
6. NIM 3103111009 TABEL LIST.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
7. NIM 3103111009 ATTACHMENT LIST.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
8. NIM 3103111009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
9. NIM 3103111009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (509kB) | Preview
13. NIM 3103111009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran ValueClarification Technique (VCT) dalam meningkatkan kesadaran nilai demokrasi siswapada pembelajaran PKn di kelas XI SMA Swasta Persiapan Stabat Tahun Pelajaran2013/2014”. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptifkuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMASwasta Persiapan Stabat yang terdiri dari 6 kelas dan berjumlah 218 siswa. Namunsebagai sampel penulis mengambil cluster sampling (sampel kelompok) yaitu siswakelas XI IA-3 sebanyak 35 orang siswa. Alat pengumpul data yang diggunakanadalah tes hasil belajar mata pelajaran PKn dan studi dokumentasi. Teknik analisisyang diggunakan adalah deskriptif kuantitatif, ini dilakukan dengan caramempresentasikan data-data yang diperoleh dari penelitian, kemudian dianalisis danditabulasi datanya secara sistematik sehingga dapat lebih mudah dipahami dandisimpulkan lebih lanjut. Maka rumus yang dipakai dalam penelitian ini adalah rumuskorelasi produck moment. Dari hasil penerapan model pembelajaran VCT yangdilakukan penulis terhadap kelas XI IA-3 SMA Swasta Persiapan Stabat yangberjumlah 35 orang, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran VCTmampu meningkatkan kesadaran nilai demokrasi siswa seperti meningkatnyapartisipasi belajar siswa dalam kegiatan belajar mengajar di kelas untuk memberikanpendapat maupun ikut berperan aktif dalam memecahkan masalah di kelas. Tidakhanya meningkatkan kesadaran nilai demokrasi siswa, model pembelajaran VCT jugaefektif digunakan untuk menyampaikan materi pembelajaran yang berkaitan dengannilai-nilai tertentu seperti nilai religius maupun nilai sosial dalam masyarakat
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 181.160 712 Sus Sus p |
Keywords: | Model Pembelajaran; Volue clarification Tectnique (VTC); Pendidikan Kewarganegaraan 9PKM); Kesadaran; Nilai Demokrasi |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 14 Dec 2018 05:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18173 |