Silalahi, Yenni Verawati (2014) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA BERBASIS AUDIOVISUAL PADA MATERI PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP KELAS XI IPS SMA NEGERI 17 MEDAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM. 3103131083-COVER.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
NIM. 3103131083-LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
NIM. 3103131083-ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
NIM. 3103131083-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
NIM. 3103131083-DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
NIM. 3103131083-DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
NIM. 3103131083-DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
NIM. 3103131083-DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
NIM. 3103131083-BAB I.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
NIM. 3103131083-BAB VI.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
NIM. 3103131083-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Peningkatan aktivitas belajar siswa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan media Berbasis Audio Visual pada materi Pelestarian Lingkungan Hidup kelas XI IPS SMA Negeri 17 Medan dan (2) Peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan media Berbasis Audio Visual pada materi Pelestarian Lingkungan Hidup kelas XI IPS SMA Negeri 17 Medan.Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI IPS 2 SMA Negeri 17 Medan Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa XI IPS 2 sebanyak 38 orang dan objek yaitu upaya Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Media Berbasis Audiovisual Pada Materi Pelestarian Lingkungan Hidup Kelas XI IPS SMA Negeri 17 Medan Tahun Ajaran 2013/2014. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan teknik komunikasi tidak langsung. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantiitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dengan media Berbasis Audio Visual : (1) Terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 10,69 % dari 72,98% di siklus I meningkat menjadi 83,67% di siklus II (2) Terdapat peningkatan hasil belajar siswa sebesar 15,78% dari 76,32% di siklus I meningkat menjadi 92,10% di siklus II. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dapat diterima artinya penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan aktivitas dan belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 34,046 071 Sil p |
Keywords: | Belajar; Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Model Pembelajaran; Media Pembelajaran; Media Audiovisual; Pelestarian Lingkungan Hidup |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 19 Jan 2017 02:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18137 |