Tamba, Fransiska (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVEINTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJARSISWA PADA MATERI HIDROSFER DI KELAS X SMA NEGERI 2 SIDIKALANG TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM 3102131005-COVER.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
NIM 3102131005-LEMABAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
NIM 3102131005-ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
NIM 3102131005-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
NIM 3102131005-DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
NIM 3102131005-DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
NIM 3102131005-DAFTAR GAMABR.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
NIM 3102131005-BAB I.pdf - Published Version
Download (361kB) | Preview
NIM 3102131005-BAB VI.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
NIM 3102131005-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Peningkatan aktivitas belajar siswa padamateri hidrosfer di kelas X-6 SMA Negeri 2 Sidikalang dengan penerapan model pembelajaranCooperative Integrated Reading And Composition (CIRC), (2) Peningkatan hasil belajar siswapada materi hidrosfer di kelas X-6 SMA Negeri 2 Sidikalang dengan penerapan modelpembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) di kelas X SMA Negeri2 Sidikalang Tahun Ajaran 2013/2014.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan di SMA Negeri2 Sidikalang. Subjek penelitian adalah siswa kelas X-6 dengan jumlah sebanyak 40 orang.Penelitian dilakukan dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalahlembar observasi dan teknik pengumpulan data komunikasi tidak langsung. Kemudian datadianalisis dengan menggunakan analisis deskripif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) ada peningkatan aktivitas belajar siswa padamateri Hidrosfer dengan penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading AndComposition (CIRC) meningkat sebesar 20,13% (68,41% pada siklus I menjadi 88,54% siklusII), (2) ada peningkatan hasil belajar pada materi Hidrosfer dengan penerapan modelpembelajaCooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) meningkat sebesar 27,50%(60,00% pada siklus I menjadi 87,50% siklus II).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 551.640 71 Tam p |
Keywords: | Pengertian Belajar; Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Model Pembelajaran |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 18 Jan 2017 08:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18129 |