Purba, Danner (2014) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL DENGAN MEDIA GAMBAR DAN PETA KONSEP PADA MATERI LITHOSFER DI KELAS X SMA SETIA BUDI PERBAUNGAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM. 3103131010-COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
NIM. 3103131010-LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
NIM. 3103131010-ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
NIM. 3103131010-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (337kB) | Preview
NIM. 3103131010-DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
NIM. 3103131010-DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
NIM. 3103131010-DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
NIM. 3103131010-DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
NIM. 3103131010-BAB I.pdf - Published Version
Download (423kB) | Preview
NIM. 3103131010-BAB VI.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
NIM. 3103131010-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Aktivitas belajar Siswa menggunakan media audiovisual serta media gambar dan peta konsep pada materi lithosfer di kelas X SMA Setia Budi Perbaungan tahun ajaran 2013/2014. (2) Hasil belajar Siswa menggunakan media audiovisual serta media gambar dan peta konsep pada materi lithosfer di kelas X SMA Setia Budi Perbaungan tahun ajaran 2013/2014. (3) Perbedaan hasil belajar siswa menggunakan media audiovisual dengan media gambar dan peta konsep pada materi lithosfer di kelas X SMA Setia Budi Perbaungan tahun ajaran 2013/2014.Penelitian ini merupakan Penelitian Eksperimen yang dilaksanakan pada tahun 2014 di SMA Setia Budi Perbaungan. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa SMA Kelas X yang berjumlah 60 orang, yakni 30 orang kelas X-1 dan 30 orang X-2 serta sekaligus dijadikan sampel dalam penelitian (total sempling). Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah (1) Teknik komunikasi tidak langsung. (2) Observasi. Teknik analisis data yang dilakukan adalah deskriptif inferensial.Hasil penelitian menunjukkan (1) Aktivitas belajar siswa kelas X SMA Setia Budi Perbaungan menggunakan media audiovisual pada materi lithosfer dengan rata-rata 2,42 dan yang menggunakan media gambar dan peta konsep dengan rata-rata 2,12. (2) Hasil belajar siswa kelas X SMA Setia Budi Perbaungan menggunakan media audiovisual pada materi lithosfer dengan rata-rata 82,93 serta yang menggunkan media gambar dan peta konsep dengan rata-rata 74,13. (3) Ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa menggunakan media audiovisual dengan media gambar dan peta konsep pada materi lithosfer di kelas X SMA Setia Budi Perbaungan Tahun Ajaran 2013/2014. Hal ini terlihat setelah dilakukan perhitungan dengan uji-t yaitu thitung ttabel (5,5 ). Dimana nilai rata-rata kelas eksperimen/X-1 sebesar 82,93 dan nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol/X-2 sebesar 74,13. Dengan perbedaan hasil belajar antara kelas X-1 dengan X-2 sebesar 8.8%. Hal ini menunjukkan bahwa media audiovisual lebih baik digunakan dari pada media gambar dan peta konsep.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 511.071 Pur p |
Keywords: | Belajar; Aktivitas Belajar; Media Pembelajaran; Media Audivisual; Media Peta Konsep; Lithosfer; Gejala Pasca Vulkanisme; Pelapukan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 24 Jan 2017 02:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18127 |