EFEK MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN PENGUASAAN KONSEP AWAL TERHADAP KOGNITIF TINGGI FISIKA DI SMA NEGERI 1 PANAI HILIR KABUPATEN LABUHANBATU

Harnas (2015) EFEK MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN PENGUASAAN KONSEP AWAL TERHADAP KOGNITIF TINGGI FISIKA DI SMA NEGERI 1 PANAI HILIR KABUPATEN LABUHANBATU. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8136175007 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8136175007 COVER.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8136175007 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8136175007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8136175007 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8136175007 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8136175007 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8136175007 PREFACE.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8136175007 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8136175007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8136175007 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8136175007 TABLES.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8136175007 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8136175007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8136175007 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8136175007 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8136175007 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8136175007 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8136175007 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8136175007 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8136175007 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8136175007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Kognitif tinggi fisika dengan model pembelajaran PROBLEM BASED LEARNING (PBL) dan pembelajaran konvensioanl. (2) Kognitif tinggi fisika siswa yang memiliki penguasaan konsep awal rendah dan penguasaan konsep awal tinggi. (3) Interaksi antara model pembelajaran dengan tingkat penguasaan awal dalam meningkatkan kognitif tinggi fisika. Populasi penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Panai Hilir. Pemilihan sampel dilakukan secara cluster random class. Instrumen yang digunakan terdiri dari (1) tes penguasaan konsep awal (2) tes kognitif tinggi dengan materi pokok elastisitas. Sebelum intrumen diberikan, terlebih dahulu divalidkan kesekolah agar instrumen tersebut layak digunakan pada saat penelitian. Tahap selanjutnya melakukan uji analisis prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas. Dari hasil diperoleh semua instrumen tes penguasaan konsep awal dan kognitif tinggi normal dan homogen. Selanjutnya menggunakan analisis ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan kognitif tinggi fisika yang menggunakan model pembelajaran problem based learning dibandingkan dengan pembelajaran konvensioanal. (2) Terdapat perbedaan kognitif tinggi fisika yang memiliki penguasaan konsep awal kelompok rendah dan penguasaan konsep awal kelompok tinggi yang diajarkan dengan model problem based learning dan pembelajaran konvensional (3) Tidak terdapat interaksi antara penguasaan konsep awal terhadap kognitif tinggi fisika, baik yang diajarkan dengan model pembelajaran problem based learning maupun pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 530.071 2 Har e
Keywords: Hakekat fisika; Hakikat kognitif; Model problem based learning; Penguasaan konsep
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 19 Apr 2016 03:34
Last Modified: 19 Apr 2016 03:34
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1811

Actions (login required)

View Item
View Item