Harnas (2015) EFEK MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN PENGUASAAN KONSEP AWAL TERHADAP KOGNITIF TINGGI FISIKA DI SMA NEGERI 1 PANAI HILIR KABUPATEN LABUHANBATU. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8136175007 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 8136175007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
3. NIM. 8136175007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
4. NIM. 8136175007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
5. NIM. 8136175007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
6. NIM. 8136175007 TABLES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7. NIM. 8136175007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM. 8136175007 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM. 8136175007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
13. NIM. 8136175007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
14. NIM. 8136175007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Kognitif tinggi fisika dengan model pembelajaran PROBLEM BASED LEARNING (PBL) dan pembelajaran konvensioanl. (2) Kognitif tinggi fisika siswa yang memiliki penguasaan konsep awal rendah dan penguasaan konsep awal tinggi. (3) Interaksi antara model pembelajaran dengan tingkat penguasaan awal dalam meningkatkan kognitif tinggi fisika. Populasi penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Panai Hilir. Pemilihan sampel dilakukan secara cluster random class. Instrumen yang digunakan terdiri dari (1) tes penguasaan konsep awal (2) tes kognitif tinggi dengan materi pokok elastisitas. Sebelum intrumen diberikan, terlebih dahulu divalidkan kesekolah agar instrumen tersebut layak digunakan pada saat penelitian. Tahap selanjutnya melakukan uji analisis prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas. Dari hasil diperoleh semua instrumen tes penguasaan konsep awal dan kognitif tinggi normal dan homogen. Selanjutnya menggunakan analisis ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan kognitif tinggi fisika yang menggunakan model pembelajaran problem based learning dibandingkan dengan pembelajaran konvensioanal. (2) Terdapat perbedaan kognitif tinggi fisika yang memiliki penguasaan konsep awal kelompok rendah dan penguasaan konsep awal kelompok tinggi yang diajarkan dengan model problem based learning dan pembelajaran konvensional (3) Tidak terdapat interaksi antara penguasaan konsep awal terhadap kognitif tinggi fisika, baik yang diajarkan dengan model pembelajaran problem based learning maupun pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 2 Har e |
Keywords: | Hakekat fisika; Hakikat kognitif; Model problem based learning; Penguasaan konsep |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 19 Apr 2016 03:34 |
Last Modified: | 19 Apr 2016 03:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1811 |