Hasibuan, Iqbal Hambali (2014) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS XI IPS SMA BUDI SATRYA MEDAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM. 309311023-COVER.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
NIM. 309311023-LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
NIM. 309311023-ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
NIM. 309311023-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
NIM. 309311023-DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
NIM. 309311023-DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
NIM. 309311023-BAB I.pdf - Published Version
Download (360kB) | Preview
NIM. 309311023-BAB V.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
NIM. 309311023-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah siswa kurang termotivasi sehingga hasil belajar yang dicapai kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana pengaruh motivasi dalam proses belajar mengajar dengan hasil belajar di Kelas XI IPS SMA Budisatrya Medan.Metode yang digunakan adalah metode korelasi dengan menggunakan tehnik observasi, wawancara, tes, dan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa di Sekolah Kelas XI IPS SMA Budisatrya Medan yang berjumlah 75 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 75 orang siswa. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode korelasi product moment. Pengambilan data dilakukan melalui metode total sampling dimana semua anggota populasi mendapat kesempatan yang sama untuk dijadikan sampel. Koefisien antara Variabel X dan Y sebesar = 0,863 dan apabila dilihat dari tabel r untuk N = 75 didapat nilai krisis sebesar 0,227 dan apabila digunakan uji statistik t hasilnya atau 14,746 > 0,277.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan pemberian motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn Kelas XI IPS SMA Budisatrya Medan Tahun Pelajaran 2013/2014 menunjukkan ada hubungan yang ditunjukkan oleh harga sebesar 0,863 yang tergolong berada pada korelasi tinggi. Melalui pengujian hipotesis dengan taraf kepercayaan 95% terhadap hipotesis yang ditegaskan dapat diterima dan terbukti kebenarannya. Penelitian ini membuktikan bahwa ada hubungan yang signifikan antara pemberian motivasi dengan hasil belajar. Pemberian motivasi belajar yang lebih baik akan menghasilkan kegiatan atau aktivitas belajar anak yang lebih baik pula. Kegiatan belajar seseorang dipengaruhi juga selain faktor pemberian motivasi dari orang tua tetapi juga oleh motivasi dari diri siswa itu sendiri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 181.160 712 Has p |
Keywords: | Motivasi;Teori-Teori; Kedudukan Motivasi dalam Belajar; Meningkatkan Motivasi Belajar; Hasil Belajar; Faktor-Faktor |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 12 Jan 2017 03:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18094 |