Sitinjak, Erni Kusrini (2015) EFEK MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8136176011 COVER.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
2. NIM. 8136176011 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
3. NIM. 8136176011 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
4. NIM. 8136176011 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
5. NIM. 8136176011 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
6. NIM. 8136176011 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
7. NIM. 8136176011 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
8. NIM. 8136176011 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 8136176011 BAB I.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
13. NIM. 8136176011 BAB V.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
14. NIM. 8136176011 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Inquiry Training dengan pembelajaran konvensional, (2) menganalisis perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki motivasi belajar diatas rata-rata dan di bawah rata-rata, dan (3) menganalisis interaksi antara model pembelajaran dan tingkat motivasi belajar siswa dalam mempengaruhi hasil belajar fisika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Bersama Berastagi semester genap T.P. 2014/2015. Sampel penelitian ditentukan dengan cara cluster random sampling terdiri dari dua kelas yang berjumlah 50 orang siswa. Siswa kelas X-1 sebanyak 25 orang sebagai kelas eksperimen dibelajarkan dengan model pembelajaran Inquiry Training, sedangkan siswa kelas X-3 sebanyak 25 orang sebagai kelas kontrol dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Data pada penelitian ini dianalisis menggunakan Anova dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar fisika dengan menggunakan model pembelajaran Inquiry Training lebih baik daripada pembelajaran konvensional, (2) hasil belajar fisika siswa yang memiliki motivasi belajar diatas rata-rata lebih baik daripada hasil belajar fisika siswa yang memiliki motivasi belajar dibawah rata-rata, (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran Inquiry Training dengan tingkat motivasi belajar siswa dalam mempengaruhi hasil belajar fisika siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 2 Sit e |
Keywords: | Motivasi belajar; Teori belajar; Pembelajaran konvensional; Pembelajaran inquiry learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 19 Apr 2016 03:25 |
Last Modified: | 19 Apr 2016 03:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1809 |