Simanullang, Permata Sari (2014) PERAN PEMBELAJARAN PKN DALAM MENINGKATKAN SIKAP DEMOKRATIS SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 4 BALIGE KABUPATEN TOBA SAMOSIR TAHUN PELAJARAN 2013-2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM. 3103111066-COVER.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
NIM. 3103111066-LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
NIM. 3103111066-ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
NIM. 3103111066-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
NIM. 3103111066-DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
NIM. 3103111066-DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
NIM. 3103111066-DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
NIM. 3103111066-BAB I.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
NIM. 3103111066-BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
NIM. 3103111066-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pembelajaran PKn dalam meningkatkan sikap demokratis siswa di kelas VIII SMP Negeri 4 Balige Kabupaten Toba Samosir Adapun teknik pengumpulan data dalam dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi atau pengamatan secara langsung kepada objek yang diteliti dalam hal ini peneliti mengadakan metode observasi langsung ke SMP Negeri 4 Balige Kabupaten Toba Samosir Kemudian melakukan penyebaran angket dan melakukan wawancara kepada guru PKndanKepalaSekolah Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 4 Balige Kabupaten Toba Samosir Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang duduk di kelas VIII SMP Negeri 4 Balige Kabupaten Toba Samosir yang berjumlah 184 siswa maka yang menjadi sampel diambil 20 dari keseluruhan jumlah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 BaligeKabupaten Toba Samosir yaitu 20 dari 184 siswa maka menjadi 36 siswaDalam penelitian ini adapun metode yang digunakan adalah Deskriptif Kuantitatif yakni menggambarkan fenomena dari suatu keadaan melalui perhitungan persentase Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PKn memiliki peran untuk meningkatkan sikap demokratis siswa. Sikap demokratis tersebut adalah siswa mampu menghargai perbedaan pendapat dengan teman yang lain perbedaan agama perbedaan bahasa siswa mampu melaksanakan musyawarah mufakat dalam mengambil sebuah keputusan siswa mampu berkomunikasi dengan baik serta mampu mengungkapkan ide ide yang ada dalam pikirannya siswa dapat menunjukkan sikap kepeduliannya terhadap teman dan masyarakat sekitarnya
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 181.160 712 sim p |
Keywords: | PKn; Tujuan Pkn; Demokrasi; Karakteristik siswa; Upaya mewujudkan sikap |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 12 Jan 2017 02:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18085 |