PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DEBATE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS XI SMAN 2 LUBUK PAKAM TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Sitio, Yessica A. (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DEBATE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS XI SMAN 2 LUBUK PAKAM TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of NIM. 309111082-COVER.pdf]
Preview
Text
NIM. 309111082-COVER.pdf - Published Version

Download (283kB) | Preview
[thumbnail of NIM. 309111082-LEMBAR PERSETUJUAN.pdf]
Preview
Text
NIM. 309111082-LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (551kB) | Preview
[thumbnail of NIM. 309111082-ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
NIM. 309111082-ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of NIM. 309111082-KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
NIM. 309111082-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[thumbnail of NIM. 309111082-DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
NIM. 309111082-DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of NIM. 309111082-DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
NIM. 309111082-DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of NIM. 309111082-DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
NIM. 309111082-DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of NIM. 309111082-BAB I.pdf]
Preview
Text
NIM. 309111082-BAB I.pdf - Published Version

Download (384kB) | Preview
[thumbnail of NIM. 309111082-BAB V.pdf]
Preview
Text
NIM. 309111082-BAB V.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of NIM. 309111082-DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
NIM. 309111082-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Penulis mengambil lokasi penelitian di SMAN 2 Lubuk Pakam. Adapun yang menjadi populasi penelitian ini seluruh siswa kelas XI yang terdiri dari tujuh kelas yang jumlahnya 265. Sampel penelitian ini yaitu dengan jumlah 33 orang. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Pelaksanaan PTK dilakukan dengan dua siklus. Tiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Observasi dan Test. Didalam test dilakukan tes sebanyak 3 kali yaitu free test, post test I dan post test II. Sedangkan observasi yaitu meliputi aktiviras guru dan siswa dalam proses pembelajaran.Berdasarkan analisis tersebut terjadi peningkatan yang baik dimana Sebelum dilakukan tindakan, kemampuan siswa masih rendah dan dibawah rata-rata yaitu hanya 15,15%.Pada siklus I hasil yang dicapai kurang baik, dimana hasil belajar siswa hanya 45,46%. Pada siklus II hasil yang dicapai sudah sangat memuaskan dimana hasil belajar siswa lebih tinggi dari harapan yang dilakukan oleh penulis. Dimana hasil belajar siswa mencapai 90,90%.Dengan demikian, penerapan model pembelajaran Debate dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn untuk kelas XI SMA Negeri 2 Lubuk Pakam.Disarankan agar guru lebih mampu untuk menggunakan model pembelajaran yang variatif guna meninggkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 181.160 712 Sit p
Keywords: Filsafat;Mengajar;Pembelajaran;Hasil belajar; Model Pembelajaran Debate
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 03 Jan 2017 02:21
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18056

Actions (login required)

View Item
View Item