PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN KREATIVITAS TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA

Irwardhani, Selly (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN KREATIVITAS TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8136176038 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8136176038 COVER.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8136176038 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8136176038 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (326kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8136176038 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8136176038 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8136176038 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8136176038 PREFACE.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8136176038 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8136176038 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8136176038 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8136176038 TABLES.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8136176038 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8136176038 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8136176038 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8136176038 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8136176038 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8136176038 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8136176038 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8136176038 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8136176038 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8136176038 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan keterampilan proses sains siswa pada model pembelajaran inkuiri terbimbing dan pembelajaran konvensional, perbedaan keterampilan proses sains siswa antara siswa yang memiliki kreativitas tinggi dan siswa yang memiliki kreativitas rendah, serta interaksi antara model pembelajaran dengan kreativitas dalam mempengaruhi keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling sebanyak dua kelas, dimana kelas pertama diajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kelas kedua dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes keterampilan proses sains dan tes kreativitas. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan anava dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan proses sains siswa yang menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, keterampilan proses sains siswa dengan kreativitas tinggi menunjukkan perbedaan dan hasil yang lebih baik dari pada siswa dengan kreativitas rendah, serta terdapat interaksi antara model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kreativitas dalam mempengaruhi keterampilan proses sains siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 500.071 9 Irw p
Keywords: Model pembelajaran; Pembelajaran inkuiri; Inkuiri terbimbing; Proses sains; Kreativitas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 19 Apr 2016 02:44
Last Modified: 19 Apr 2016 02:44
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1797

Actions (login required)

View Item
View Item