Irwardhani, Selly (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN KREATIVITAS TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8136176038 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM. 8136176038 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
3. NIM. 8136176038 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
4. NIM. 8136176038 PREFACE.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
5. NIM. 8136176038 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
6. NIM. 8136176038 TABLES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7. NIM. 8136176038 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM. 8136176038 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM. 8136176038 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
13. NIM. 8136176038 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
14. NIM. 8136176038 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan keterampilan proses sains siswa pada model pembelajaran inkuiri terbimbing dan pembelajaran konvensional, perbedaan keterampilan proses sains siswa antara siswa yang memiliki kreativitas tinggi dan siswa yang memiliki kreativitas rendah, serta interaksi antara model pembelajaran dengan kreativitas dalam mempengaruhi keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling sebanyak dua kelas, dimana kelas pertama diajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kelas kedua dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes keterampilan proses sains dan tes kreativitas. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan anava dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan proses sains siswa yang menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, keterampilan proses sains siswa dengan kreativitas tinggi menunjukkan perbedaan dan hasil yang lebih baik dari pada siswa dengan kreativitas rendah, serta terdapat interaksi antara model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kreativitas dalam mempengaruhi keterampilan proses sains siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 500.071 9 Irw p |
Keywords: | Model pembelajaran; Pembelajaran inkuiri; Inkuiri terbimbing; Proses sains; Kreativitas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 19 Apr 2016 02:44 |
Last Modified: | 19 Apr 2016 02:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1797 |