Juairiah (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB MATERI PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP DI KELAS XI IPS SMA SWASTA KESATRIA MEDAN T.P 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
309431011 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
309431011 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
309431011 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
309431011 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
309431011 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (337kB) | Preview
309431011 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
309431011 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
309431011 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
309431011 BAB I.docx - Published Version
Download (51kB)
309431011 BAB VI.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
309431011 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan : (1) Aktivitas belajar Geografi siswa kelas XI IPS SMA Swasta Kesatria Medan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada sub materi Pengelolaan Lingkungan Hidup. (2). Hasil belajar Geografi siswa kelas XI IPS SMA Swasta Kesatria Medan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada sub materi Pengelolaan Lingkungan Hidup.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Swasta Kesatria Medan Tahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi siswa dan lembar kerja siswa yang dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada sub materi Pengelolaan Lingkungan Hidup meningkat dari siklus I 62,67% menjadi 85,33% pada siklus II. (2). Hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada sub materi Pengelolaan Lingkungan Hidup meningkat dari siklus I 53% menjadi 83% pada siklus II. Dengan demikian, hipotesis tindakan yang dirumuskan dalam penelitian ini dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 363.707 1 Jua p |
Keywords: | belajar; pembelajaran; aktivitas belajar; model; kooperatif; teknik Fair Share; lingkungna hidup; konservasi |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 13 Dec 2018 05:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17777 |