Batubara, Shofiyah (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI HIDROSFER DI KELAS X-A SMA SWASTA YPK MEDAN T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
309131071 COVER.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
309131071 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
309131071 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
309131071 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
309131071 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
309131071 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
309131071 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
309131071 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
309131071 BAB I.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
309131071 BAB VI.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
309131071 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) aktivitas belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Take and Give pada kompetensi hidrosfer di Kelas X-A SMA Swasta YPK Medan T.A 2012/2013, dan (2) hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Take and Give pada kompetensi hidrosfer di Kelas X-A SMA Swasta YPK Medan T.A 2012/2013.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di Kelas X-A SMA Swasta YPK Medan T.A 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X dengan jumlah sampel sebanyak 35 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah (1) teknik komunikasi tidak langsung dengan alat: tes hasil belajar dalam bentuk tes objektif dan lembar kerja siswa (LKS), dan (2) Observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan: (1) aktivitas belajar siswa sebesar 19,53% dari siklus I sebesar 55,71% meningkat menjadi 75,24% pada siklus II, (2) hasil belajar siswa sebesar 22,85% dari siklus I sebesar 54,29% meningkat menjadi 77,14% pada siklus II dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Take and Give yang berarti telah tuntas secara klasikal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 551.460 71 Bat p |
Keywords: | belajar; faktor; aktivitas; hasil belajar; prinsip belajar; model; pembelajaran; Take and Give; materi; hidrosfer |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 13 Dec 2018 05:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17776 |