Ariani (2013) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFIMENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PELESTARIANLINGKUNGAN HIDUP DI SMA SWASTA CERDAS MURNI KECAMATAN PERCUT SEI TUAN T.A2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
309131004 COVER.Pdf.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
309131004 ABSTRAK.Pdf.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
309131004 KATA PENGANTAR.Pdf.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
309131004 DAFTAR ISI.Pdf.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
309131004 DAFTAR TABEL.Pdf.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
309131004 DAFTAR GAMBAR.Pdf.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
309131004 DAFTAR LAMPIRAN.Pdf.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
309131004 BAB I.Pdf.pdf - Published Version
Download (354kB) | Preview
309131004 BAB VI.Pdf.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
309131004 DAFTAR PUSTAKA.Pdf.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Aktivitas belajar siswa denganmenerapkan model pembelajaran kooperatif Problem Based Learning pada kompetensipelestarian lingkungan hidup di kelas XI IPS SMA Swasta Cerdas Murni KecamatanPercut Sei Tuan T.A 2012/2013, dan (2) Hasil belajar siswa dengan menerapkan modelpembelajaran kooperatif Problem Based Learning pada kompetensi pelestarianlingkungan hidup di kelas XI IPS SMA Swasta Cerdas Murni Kecamatan Percut SeiTuan T.A 2012/2013.Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di kelas XI IPS SMA Swasta CerdasMurni Kecamatan Percut Sei Tuan T.A 2012/2013 dengan 2 siklus. Subjek adalahseluruh siswa kelas XI IPS yaitu 32 orang dengan objek adalah aktivitas dan hasilbelajar siswa dengan penerapan model Problem Based Learning pada kompetensipelestarian lingkungan hidup di kelas XI IPS SMA Swasta Cerdas Murni KecamatanPercut Sei Tuan T.A 2012/2013.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah (1)Teknik komunikasi tidak langsung, serta (2) Observasi. Teknik analisis yang digunakanadalah deskriptif kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan: (1) Aktivitas belajarsiswa sebesar 37.50% dari siklus I sebesar 46,87% meningkat menjadi 84.37% padasiklus II, (2) hasil belajar siswa sebesar 31,25% dari siklus I sebesar 56,25% meningkatmenjadi 87,50% pada siklus II dengan menerapkan model pembelajaran Problem BasedLearning.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 363.707 1 Ari p |
Keywords: | belajar; aktivitas; hasil belajar; pembelajaran; kooperatif; sejarah; model; karakteristik; lingkungan |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 13 Dec 2018 05:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17775 |