Pakpahan, Rouli Natalina (2015) EFEK MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING BERBANTUAN MEDIA PHET TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA KELAS XI IPA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8136175014 COVER.pdf.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
2. NIM. 8136175014 APPROVAL SHEET.pdf.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
3. NIM. 8136175014 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
4. NIM. 8136175014 PREFACE.pdf.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
5. NIM. 8136175014 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
6. NIM. 8136175014 TABLES.pdf.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
7. NIM. 8136175014 ILLUSTRATION.pdf.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
8. NIM. 8136175014 APPENDICES.pdf.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
9. NIM. 8136175014 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
13. NIM. 8136175014 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
14. NIM. 8136175014 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir logis siswa yang menggunakan model pembelajaran inquiry training berbantuan media PhET (2) keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir logis siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional; dan (3) perbedaan keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir logis siswa yang menggunakan model pembelajaran Inquiry Training berbantuan media PhET dan model pembelajaran konvensional.
Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik cluster random class sebanyak dua kelas yaitu kelas XI1 dan XI2, dimana kelas XI1 diajarkan dengan model pembelajaran model pembelajaran Inquiry Training berbantuan media PhET dan kelas XI2 dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes keterampilan proses sains berupa tes essay dan tes kemampuan berpikir logis berupa tes pilihan berganda. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan uji T.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan proses sains fisika yang menggunakan model pembelajaran Inquiry Training berbantuan media PhET berbeda dan menunjukkan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, dan kemampuan berpikir logis siswa yang menggunakan model pembelajaran Inquiry Training berbantuan media PhET berbeda dan menunjukkan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, serta terdapat perbedaan antara kemampuan berpikir logis dan keterampilan proses sains siswa yang menggunakan model pembelajaran Inquiry Training berbantuan media PhET dan model pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 500.071 2 Pak e |
Keywords: | Inquiry training; Media PhET; Kemampuan berpikir logis; Keterampilan proses sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 15 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 15 Apr 2016 08:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1756 |