Ismayani (2012) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BAHOROK. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 308111053 Cover.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM. 308111053 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
3. NIM. 308111053 Abstrak.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
4. NIM. 308111053 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
5. NIM. 308111053 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
6. NIM. 308111053 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
7. NIM. 308111053 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
8. NIM. 308111053 Bab I.pdf - Published Version
Download (406kB) | Preview
9. NIM. 308111053 Bab V.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
10. NIM. 308111053 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan dan pengaruh media pembelajaran terhadap minat belajar siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Bahorok pada mata pelajaran PKn Tahun Pelajaran 2011 / 2012. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dan yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bahorok yang berjumlah 100 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 siswa jadi merupakan total dari seluruh jumlah populasi (Total Sampling). Adapun alat pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dilakukan observasi atau pengamatan secara langsung kepada objek yang diteliti dalam hal ini peneliti mengadakan metode observasi langsung ke SMP Negeri 2 Bahorok. Angket merupakan alat pengumpul data yang berisi pertanyaan tertulis (questioner) yang akan diisi oleh responden (sampel). Pada penelitian ini teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data korelasi. Teknik ini berfungsi untuk mengolah data kualitatif untuk menghitung koefisien media pembelajaran dengan minat belajar siswa digunakan rumus statistika produk moment. Korelasi antara variabel x dan variabel y menunjukkan bahwa nilai rhitung > rtabel atau 0,412 > 0,195 pada taraf signifikan 5% terdapat pengaruh antara media pembelajaran terhadap minat belajar siswa SMP Negeri 2 Bahorok pada Mata Pelajaran PKn kelas VIII Tahun Pelajaran 2011/2012, dan untuk menguji hipotesis apakah hipotesis kerja atau hipotesis alternative (Ha) diterima atau ditolak dilakukan uji statistika t. Dari analisis hasil penelitian diperoleh thitung > ttabel atau 4,475 > 1,980 pada taraf signifikan 5% pada derajat kebebasan (dk) = n-2 (100-2=98), maka hipotesis alternative (Ha) dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 180.071 Ism p |
Keywords: | Pengaruh Media Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 27 Dec 2016 08:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17516 |