Panjaitan, Berkat (2015) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA PADA MATERI SUHU DAN KALOR BERBASIS INKUIRI DI SMA SWASTA PRIMBANA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1.Cover NIM 8136175002.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
2 APPROVAL SHEET NIM 8136175002.pdf - Published Version
Download (631kB) | Preview
3Abstrak NIM 8136175002.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
4 PREFACE NIM 8136175002.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
5 TABLE OF CONTENTNIM 8136175002.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
6 TABLE NIM 8136175002.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7ILUSTRATION NIM 8136175002.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. APENDICS NIM 8136175002.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. CHAPTER I NIM 8136175002.pdf - Published Version
Download (480kB) | Preview
13. CHAPTER V NIM 8136175002.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
14. BIBLIOGRAPHY NIM 8136175002.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
Abstract
Penelitian dan pengembangan modul Fisika berbasis Inkuiri ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan aktivitas siswa, respon siswa, hasil Belajar siswa, serta untuk mengetahui kelayakan modul. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Swasta Primbana Medan kelas X Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 30 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, metode angket, tes, dan dokumentasi. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Produk yang dikembangkan adalah modul Fisika berbasis Inkuiri. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rerata persentase hasil evaluasi modul dari ahli 74.07%. Penggunaan modul Fisika berbasis inkuiri dapat meningkatkan respon siswa dengan rata-rata pada pertemuan I sebesar 50.07%, pertemuan II sebesar 61.21%, dan Pertemuan III sebesar 72.38%. Selain itu, penggunaan modul dapat meningkatkan aktivitas siswa dengan nilai rata-rata pada pertemuan I sebesar 50.83%, pada pertemuan II sebesar 70.93%, dan pada pertemuan III sebesar 94.89% dengan kategori “baik” dan penggunaan modul dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata pada pertemuan I sebesar 5.63, pertemuan II sebesar 7.50, dan pada pertemuan III sebesar 8.83. Dengan demikian, modul Fisika berbasis inkuiri layak digunakan dalam pembelajaran Fisika untuk meningkatkan respon siswa, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 536.071 2 Pan p |
Keywords: | Modul berbasis inkuiri; Respon siswa; Aktivitas siswa; Hasil belajar siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC251 Heat |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 15 Apr 2016 07:36 |
Last Modified: | 15 Apr 2016 07:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1750 |