Naipospos, Sariah (2012) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DENGAN MODEL WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERAIRAN LAUT DI KELAS X SMA NEGERI 1 PARDINGGARAN T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 308331076 Cover.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
2. NIM. 308331076 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (343kB) | Preview
3. NIM. 308331076 Abstrak.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
4. NIM. 308331076 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
5. NIM. 308331076 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
6. NIM. 308331076 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
7. NIM. 308331076 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
8. NIM. 308331076 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
9. NIM. 308331076 Bab I.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
10. NIM. 308331076 Bab VI.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
11. NIM. 308331076 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peningkatan aktivitas siswa dengan penerapan kolaborasi model pembelajaran Quantum Teaching dengan Word Square pada materi perairan laut di Kelas X-D SMA Negeri 1 Pardinggaran, dan (2) peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan kolaborasi model pembelajaran Quantum Teaching dengan Word Square pada materi perairan laut di Kelas X-D SMA Negeri 1 Pardinggaran.Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pardinggaran dengan subjek penelitian yaitu siswa Kelas X-D yang berjumlah 29 orang. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi langsung dan komunikasi tidak langsung, dan teknik analisis data melalui analisis deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peningkatan aktivitas belajar siswa dengan penerapan kolaborasi model pembelajaran Quantum Teaching dengan Word Square pada materi perairan laut di Kelas X-D SMA Negeri 1 Pardinggaran T.A 2011/2012 meningkat dari siklus I yaitu 63,79% menjadi 73,56% pada siklus II. Hal ini terlihat pada aspek memperhatikan (siklus I yaitu 71,26% menjadi 83,9% pada siklus II), bertanya (siklus I yaitu 45,97% menjadi 64,36% pada siklus II), menanggapi (siklus I yaitu 63,22% menjadi 67,82% pada siklus II) dan bersemangat (siklus I yaitu 74,71% menjadi 78,16% pada siklus II); (2) Peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan kolaborasi model pembelajaran Quantum Teaching dengan Word Square pada materi perairan laut di Kelas X-D SMA Negeri 1 Pardinggaran T.A 2011/2012 meningkat 24,13% dari siklus I yaitu 65,52% menjadi 89,65% pada siklus II.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 910.071 Nai p |
Keywords: | Quantum teaching; Word square; Perairan laut; Hidrosfer |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 10 Oct 2016 04:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17454 |