Sembiring, Carnova Henzelia (2012) KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION DENGAN COURSE REVIEW HORAY UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IS-2 SMA NEGERI 1 SIANTAR. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 081233310002 Cover.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
2. NIM. 081233310002 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (375kB) | Preview
3. NIM. 081233310002 Abstrak.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
4. NIM. 081233310002 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
5. NIM. 081233310002 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
6. NIM. 081233310002 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
7. NIM. 081233310002 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
8. NIM. 081233310002 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
9. NIM. 081233310002 Bab I.pdf - Published Version
Download (597kB) | Preview
10. NIM. 081233310002 Bab VI.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
11. NIM. 081233310002 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan : (1) Aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model Kolaborasi Model Pembelajaran Cooperative Integred Reading And Composition dengan Course Review Horay pada materi lingkungan hidup. (2) Hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Kolaborasi Model Pembelajaran Cooperative Integred Reading And Composition dengan Course Review Horay pada materi lingkungan hidup.(3) Efektivitas pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Kolaborasi Model Pembelajaran Cooperative Integred Reading And Composition dengan Course Review Horay pada materi lingkungan hidup.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian kelas XI IS 2 yang berjumlah 41 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Instrumen tes yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa di uji validitasya dan realibilitas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi langsung dan komunikasi tidak langsung. Teknik analisa data yang yang digunakan adalah analisis deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Bahwa pada siklus I aktivitas siswa menunjukkan rata-rata per-aspek 1,54 yang artinya tergolong sedang dan secara umum aktivitas siswa hanya mencapai 36.59% berkategori baik, namun pada siklus II aktivitas siswa per-aspek meningkat dengan rata-rata menjadi 2,17 berubah menjadi kategori baik, jika dilihat dari aktivitas siswa keseluruhan meningkat menjadi 75.60% dalam arti berkategori baik. (2) Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 51.22% belum memenuhi ketuntasaan secara klasikal dan pada siklus II ketuntasan hasil belajar meningkat menjadi 92.68%. (3) Efektivitas pembelajaran pada siklus I belum efektif dilihat dari aktivitas siswa dan hasil ketuntasan hasil belajar siswa belum sesuai dengan indikator pembelajaran efektif sedangkan pada siklus II jika dilihat dari aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa jauh lebih efektif . Hal ini terlihat dari peningkatan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I ke II dengan nilai rata-rata dari siklus I 69,61 menjadi 80,82 di siklus II, sehingga kolaborasi model pembelajaran Cooperative Integred Reading and Composition dengan Course Review Horay dapat dikatakan berhasil. Penelitian ini menunjukkan adanya hubungan antara peningkatan aktivitas belajar siswa dengan peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dan efektivitas pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 910.071 Sem k |
Keywords: | Lingkungan hidup; Efektivitas pembelajaran; Pembelajaran kooperatif tipe CIRC; Course Review Horay |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 07 Oct 2016 04:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17451 |