Pardede, Dahlia Megawati (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8126176004 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM 8126176004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (499kB) | Preview
3. NIM 8126176004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
4. NIM 8126176004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
5. NIM 8126176004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (18kB) | Preview
6. NIM 8126176004 TABLES.pdf - Published Version
Download (6kB) | Preview
7. NIM 8126176004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (4kB) | Preview
8. NIM 8126176004 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
9. NIM 8126176004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
13. NIM 8126176004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
14. NIM 8126176004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (386kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (a) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar fisika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran menggunakan inquiry training dengan pembelajaran langsung, (b) perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki motivasi yang tinggi dan motivasi yang rendah, (c) interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi dalam mempengaruhi hasil belajar siswa. Sampel dalam penelitian ini dilakukan secara cluster random sampling sebanyak dua kelas, dimana kelas pertama sebagai kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran Inquiry Training dan kelas kedua sebagai kelas kontrol diterapkan pembelajaran langsung. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes hasil belajar fisika dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 15 soal dan angket motivasi sebanyak 25 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan: bahwa (a) terdapat perbedaan hasil belajar fisika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Inquiry Training dan pembelajaran langsung. (b) hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Inquiry Training lebih baik dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran langsung. (c) terdapat perbedaan hasil belajar fisika siswa yang memiliki moyivasi tinggi dan motivasi rendah. (d) hasil belajar siswa yang memiliki motivasi tinggi lebih baik dari hasil belajar siswa yang memiliki motivasi rendah. (e) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi terhadap hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model Inquiry Training dipengaruhi juga oleh motivasi, sedangkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran langsung tidak dipengaruhi oleh motivasi siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 2 Par p |
Keywords: | Motivasi; Inquiry training; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 15 Apr 2016 04:07 |
Last Modified: | 15 Apr 2016 04:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1745 |