Simanihuruk, Murni (2012) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) PADA MATERI PERAIRAN LAUT DI KELAS X SMA NEGERI 1 SEI BAMBAN T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 308131069 Cover.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
2. NIM. 308131069 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (333kB) | Preview
3. NIM. 308131069 Abstrak.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
4. NIM. 308131069 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
5. NIM. 308131069 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
6. NIM. 308131069 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
7. NIM. 308131069 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
8. NIM. 308131069 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
9. NIM. 308131069 Bab I.pdf - Published Version
Download (376kB) | Preview
10. NIM. 308131069 Bab VI.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
11. NIM. 308131069 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan: (1) Aktivitas belajar Geografi siswa kelas X SMA Negeri 1 Sei Bamban dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) pada materi Perairan Laut. (2) Hasil belajar Geografi siswa kelas X SMA Negeri 1 Sei Bamban dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) pada materi Perairan Laut.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan melalui empat fase yakni perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-1 SMA Negeri 1 Sei Bamban Tahun Ajaran 2011/2012 yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan teknik komunikasi tidak langsung yang dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) pada materi Perairan Laut meningkat dari siklus I 63,15% menjadi 85,18% pada siklus II. (2) Hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) pada materi Perairan Laut juga meningkat dari siklus I 64% menjadi 89% pada siklus II. Dengan demikian, hipotesis tindakan yang dirumuskan dalam penelitian ini dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 910.071 Sim u |
Keywords: | Pembelajaran kooperatif; Think pair share: Perairan laut |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 05 Oct 2016 02:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17443 |