Sipayung, Romauli (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA MATERI BIOSFER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA SW CR DUYHOVEN T.A. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 308131088 Cover.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
2. NIM. 308131088 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
3. NIM. 308131088 Abstrak.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
4. NIM. 308131088 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
5. NIM. 308131088 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
6. NIM. 308131088 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7. NIM. 308131088 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
8. NIM. 308131088 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
9. NIM. 308131088 Bab I.pdf - Published Version
Download (385kB) | Preview
10. NIM. 308131088 Bab VI.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
11. NIM. 308131088 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan: (1). Aktivitas belajar siswa kelas XI SMA Sw Cr Duynhoven dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match pada materi Biosfer. (2). Hasil belajar siswa kelas XI SMA Sw Cr Duynhoven dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match pada materi Biosfer.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan melalui empat fase yakni perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS-1 SMA Sw Cr Duynhoven T.A 2012/2013 yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi langsung (LKS dan test tertulis) dan Teknik analisa data yang yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif.Hasil penelitian menyatakan bahwa: (1). Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I (55,7%) ke siklus II (79,5%). (2). Hasil belajar mengalami peningkatan dari siklus I (52%) ke siklus II (87%). Dengan demikian, hipotesis tindakan yang dirumuskan dalam penelitian ini dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 910.071 Sip p |
Keywords: | Biosfer; Pembelajaran kooperatif; Make a match |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 30 Sep 2016 08:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17439 |