Rismayani (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP DI KELAS XI SMA NEGERI 10 MEDAN T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 308331068 Cover.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
2. NIM. 308331068 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (606kB) | Preview
3. NIM. 308331068 Abstrak.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
4. NIM. 308331068 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
5. NIM. 308331068 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
6. NIM. 308331068 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
7. NIM. 308331068 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
8. NIM. 308331068 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
9. NIM. 308331068 Bab I.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
10. NIM. 308331068 Bab VI.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
11. NIM. 308331068 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan: (1) Aktivitasbelajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 10 Medan dengan menerapkan modelpembelajaran Examples non examples, (2) Hasil belajar siswa kelas XI IPS SMANegeri 10 Medan dengan menerapkan model pembelajaran Examples non examples.Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus di SMANegeri 10 Medan dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas XI IPS 2 yang berjumlah 37 orang. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui observasi dan Komunikasi Langsung, dan data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Examples non examples pada materi Pelestarian Lingkungan Hidup meningkat dari siklus I sebesar 54,92 % menjadi 63,25 % pada siklus II dan 70,33 % pada siklus III. Peningkatan itu dari siklus I ke siklus II sebesar 8,33 % dan dari siklus II ke siklus III sebesar 7,9 %. (2) Hasilbelajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Examples non examplespada materi Pelestarian Lingkungan Hidup meningkat dari siklus I sebesar 51,35% menjadi 78,38% pada siklus II dan 89,19% pada siklus III. Peningkatan itu dari siklus I ke siklus II sebesar 27,03% dan dari siklus II ke siklus III sebesar10,81%. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dapat diterima, artinya denganmenggunakan model pembelajaran Examples non Examples dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi Pelestarian Lingkungan Hidup kelas XI IPS 2 SMA Negeri 10 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 910.071 Ris p |
Keywords: | Lingkungan hidup; Pencemaran lingkungan; Examples non examples; Geografi |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Sep 2016 04:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17433 |