Manurung, Mariana (2012) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MAKE A MATCH DAN TWO STRAY PADA MATERI PENGGUNAAN LAHAN DAN POLA PEMUKIMAN DI KELAS VII SMP N 1 PERBAUNGAN T.P 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 308131065 Cover.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
2. NIM. 308131065 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
3. NIM. 308131065 Abstrak.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
4. NIM. 308131065 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
5. NIM. 308131065 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
6. NIM. 308131065 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
7. NIM. 308131065 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
8. NIM. 308131065 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM. 308131065 Bab I.pdf - Published Version
Download (451kB) | Preview
10. NIM. 308131065 Bab VI.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
11. NIM. 308131065 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif make a match, (2) hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif two stay two stray, (3) perbandingan hasil belajar sisiwa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif make a match dan two stay two stray pada materi penggunaan lahan dan pola pemukiman di kelas VII SMP N 1 Perbaungan.Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Perbaungan pada bulan Mei 2012. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Perbaungan yang berjumlah 385 orang dan sampel dalam penelitian ini diambil secara acak (random sampling) sebesar 22% yang terdiri dari 2 kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: (1) teknik komunikasi tidak langsung, (2) teknik observasi langsung. Teknik analisis data yang digunakan analisis kuantitatif dengan rumus uji t.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif make a match rata-rata 75,08 , (2) hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif two stay two stray rata-rata 78,87, (3) ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif make a match dan two stay two stra hal ini ditunjukkan dengan hasil pengolahan data yang diperoleh dari thitung = 2,761 pada taraf signifikasi α = 0,05 dengan dk = 82 di peroleh ttabel = 1,993, sehingga thitung > ttabel dengan perbandingan 1:1,05.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 910.071 Man p |
Keywords: | Pembelajaran kooperatif; Make a match; Two stray; Penggunaan lahan; Pola pemukiman |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 27 Sep 2016 06:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17417 |