Hasan, Ayu Mustika (2012) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERAIRAN DARAT KELAS X SMA NEGERI 1 STABAT T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 308331014 Cover.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM. 308331014 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
3. NIM. 308331014 Abstrak.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4. NIM. 308331014 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
5. NIM. 308331014 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
6. NIM. 308331014 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
7. NIM. 308331014 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
8. NIM. 308331014 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
9. NIM. 308331014 Bab I.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
10. NIM. 308331014 Bab VI.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
11. NIM. 308331014 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Aktivitas belajar siswa pada materi perairan darat melalui implementasi model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), (2) Hasil belajar siswa pada materi perairan darat melalui implementasi model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC).Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Stabat dengan subjek penelitian kelas X-B yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa instrumen soal dan pedoman observasi yang kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi perairan darat yang terdiri dari 64,16% pada siklus I menjadi 80,62% pada siklus II dengan rata-rata peningkatan aktivitas belajar 50,63%, (2) Model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perairan darat yang terdiri dari 71,87% pada siklus I menjadi 87,50% pada siklus II dengan rata-rata peningkatan hasil belajar 15,63%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) merupakan model pembelajaran yang sesuai untuk digunakan karena antara materi pelajaran yaitu perairan darat dengan model dapat menunjukkan peningkatan pada aktivitas dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 910.071 Has i |
Keywords: | Pembelajaran kooperatif; Perairan darat; Cooperative integrated reading and composition |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 27 Sep 2016 04:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17415 |