PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI MATERI HIDROSFER KELAS X SMA SWASTA KATOLIK BUDI MURNI 2 MEDAN T.A. 2011/2012

Simbolon, Roberto (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI MATERI HIDROSFER KELAS X SMA SWASTA KATOLIK BUDI MURNI 2 MEDAN T.A. 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 308131087 COVER.pdf]
Preview
Text
308131087 COVER.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 308131087 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
308131087 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (418kB) | Preview
[thumbnail of 308131087 Abstrak.pdf]
Preview
Text
308131087 Abstrak.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 308131087 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
308131087 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[thumbnail of 308131087 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
308131087 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[thumbnail of 308131087 Bab I.pdf]
Preview
Text
308131087 Bab I.pdf - Published Version

Download (377kB) | Preview
[thumbnail of 308131087 Bab VI.pdf]
Preview
Text
308131087 Bab VI.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[thumbnail of 308131087 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
308131087 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui : 1).peningkatan kreativitas belajar siswa kelas X SMA Swasta Katolik Budi Murni 2 Medan melalui penerapan Model Learning Cycle, 2). peningkatan hasil belajar geografi siswa kelas X SMA Swasta Katolik Budi Murni 2 Medan melalui penerapan Model Learning Cycle.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tindakan dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-D SMA Swasta Katolik Budi Murni 2 Medan Tahun Ajaran 2011/2012 dengan jumlah siswa 47 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi dan komunikasi tak langsung. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa: (1).Kreativitas belajar siswa menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II, yakni diperoleh bahwa kreativitas mengalami peningkatan sebesar 16,00% dari siklus I sebesar 29,78 % menjadi 45,78 % pada siklus II, (2). Hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II, diperoleh bahwa hasil belajar mengalami peningkatan sebesar 38,30% dari siklus I 51,06 % menjadi 89,36 % pada siklus II.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 910.071 Sim p
Keywords: Kreativitas; Hidrosfer; Learning cycle; Perairan darat
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 29 Dec 2016 03:09
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17393

Actions (login required)

View Item
View Item