EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN METODE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROSFER KELAS X SMAN 1 PEUREULAK KABUPATEN ACEH TIMUR

Nadia, Risca (2012) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN METODE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROSFER KELAS X SMAN 1 PEUREULAK KABUPATEN ACEH TIMUR. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 308331067 COVER.pdf]
Preview
Text
308331067 COVER.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[thumbnail of 308331067 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
308331067 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[thumbnail of 308331067 Abstrak.pdf]
Preview
Text
308331067 Abstrak.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 308331067 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
308331067 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview
[thumbnail of 308331067 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
308331067 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 308331067 Bab I.pdf]
Preview
Text
308331067 Bab I.pdf - Published Version

Download (407kB) | Preview
[thumbnail of 308331067 Bab VI.pdf]
Preview
Text
308331067 Bab VI.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 308331067 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
308331067 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan : (1) aktivitas belajar geografi siswa pada materi hidrosfer dengan menggunakan metode pembelajaran Talking Stick. (2) hasil belajar geografi siswa pada materi hidrosfer dengan menggunakan metode pembelajaran Talking Stick. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian kelas X-2 yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik komunikasi tidak langsung dan observasi kemudian data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) aktivitas belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran Talking Stick pada materi hidrosfer dapat meningkat dengan rata-rata 9,43% (dari siklus I 78,56% menjadi 87,33% pada siklus II). (2) Hasil belajar siswa pada materi hidrosfer dengan menggunakan metode pembelajaran Talking Stick juga meningkat sebesar 16,66% (dari siklus I 73,33 menjadi 90% pada siklus II). Penggunaan metode pembelajaran Talking Stick merupakan metode yang efektif digunakan dalam pembelajaran geografi khususnya pada materi hidrosfer.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 910.071 Nad e
Keywords: Hidrosfer; Siklus air; Efektivitas pembelajaran; Hasil belajar; Aktivitas belajar; Talking Stick; Perairan
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 28 Dec 2016 06:24
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17375

Actions (login required)

View Item
View Item