Thoyibah (2012) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MULTIMEDIA BERBASIS KOMPUTER DENGAN MEDIA PETA KONSEP PADA MATERI HIDROSFER DI SMA SWASTA TAMAN SISWA TEBING TINGGI T.A. 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
308331083 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
308331083 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
308331083 Abstrak.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
308331083 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
308331083 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
308331083 Bab I.pdf - Published Version
Download (397kB) | Preview
308331083 Bab VI.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
308331083 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan multimedia berbasis komputer Dengan Media Peta Konsep Pada Materi Hidrosfer Di SMA Swasta Taman Siswa Tebing Tinggi T.A 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilaksanakan di SMA Swasta Taman Siswa Tebing Tinggi. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Swasta Tebing Tinggi T.A 2011/2012, yang terdiri atas 3 kelas dengan jumlah siswa seluruhnya adalah 99 orang. Sampel penelitian ini diambil secara acak sehingga diperoleh kelas X1 yang berjumlah 32 orang sebagai kelas eksperimen dan X2 yang berjumlah 32 orang sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan statistik dengan uji beda (uji-t) dengan alat pengumpul data berupa tes hasil belajar siswa yang berjumlah 20 butir soal setelah divalidasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan multimedia berbasis komputer pada materi Hidrosfer di kelas eksperimen adalah 80,63, sedangkan rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan media peta konsep di kelas kontrol adalah 72,03. Hasil pengujian hipotesis diperoleh harga sedangkan harga thitung = 3,830 sedangkan harga ttabel = 1,997 pada taraf signifikansi α = 0,05. Hal ini berarti thitung > ttabel (3,830 > 1,997), maka Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan kriteria tersebut, maka dapat dikatakan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan multimedia berbasis komputer dengan media peta konsep pada materi Hidrosfer di SMA Swasta Taman Siswa Tebing Tinggi T.A 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 910.071 Tho p |
Keywords: | Multimedia; Hidrosfer; Media komputer; Media peta konsep; Materi pembelajaran |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 28 Dec 2016 06:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17368 |