Abubakar (2015) PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI MATA KULIAH FISIKA UMUM I MAHASISWA SEMESTER I PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI PROGRAM EKSTENSI B FMIPA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN TAHUN AKADEMIK 2014/2015. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8126175001 HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM 8126175001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (331kB) | Preview
3. NIM 8126175001 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
4. NIM 8126175001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
5. NIM 8126175001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
6. NIM 8126175001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM 8126175001 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM 8126175001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
9. NIM 8126175001 BAB I.pdf - Published Version
Download (346kB) | Preview
13 NIM 8126175001 BAB V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
14. NIM 8126175001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran berbasis masalah dan peningkatan ketrampilan berpikir tingkat tinggi. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus dan pada setiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Yang menjadi subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester I Program Studi Pendidikan Biologi Program Ekstensi B Universitas Negeri Medan tahun akademik 2014/2015. Berdasarkan analisis data pembelajaran berbasis masalah siklus I dapat disimpulkan bahwa setelah penerapan pembelajaran berbasis masalah ada peningkatan ketrampilan berpikir tingkat tinggi tetapi peningkatan yang terjadi masih dalam kategori rendah. Demikian juga pada pelaksanaan pembelajaran siklus II terdapat peningkatan ketrampilan berpikir tingkat tinggi setelah sesi pembelajaran, namun demikian peningkatan ini juga masih dalam kategori rendah. Ada kecenderungan peningkatan gain dari siklus I ke siklus II sehingga dapat diharapkan apabila dilanjutkan siklus berikutnya dengan melakukan perbaikan proses pembelajaran akan menghasikan gain yang lebih baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 1 Abu p |
Keywords: | Pembelajaran berbasis masalah; Ketrampilan berpikir tingkat tinggi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > Q Science (General) Q Science > QC Physics Q Science > QH Natural history Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 15 Apr 2016 03:31 |
Last Modified: | 15 Apr 2016 03:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1736 |