Simamora, Delima Sari (2012) EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE DISKUSI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS XI SMA KALAM KUDUS MEDAN PADA SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM. 308111027 COVER.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
NIM. 308111027 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
NIM. 308111027 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
NIM. 308111027 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
NIM. 308111027 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
NIM. 308111027 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
NIM. 308111027 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
NIM 308111027 BAB I.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
NIM. 308111027 BAB V.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
NIM. 308111027 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memperoleh gambaran mengenai “Efektivitas Penerapan Metode Diskusi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Kelas XI SMA Kalam Kudus Medan Pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2011/2012”.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Kalam Kudus. Metode yang yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Deskriptif kualitatif yaitu metode yang digunakan untuk memecahkan dan menjawab permasalahan yang dihadapi pada situasi sekarang yang akan dilakukan dengan menempuh langkah-langkah pengumpulan data, identifikasi dan analisis pengolahan data, membuat kesimpulan dan laporan dengan tujuan utama mendapatkan gambaran tentang suatu keadaan secara objektif tentang efektivitas penerapan metode diskusi dalam meningkatkan hasil belajar siswa.Populasi dalam penelitian ini berjumlah 97 orang yang terdiri dari 3 kelas, sedangkan sampel yang digunakan adalah 97 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh data yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah observasi, angket dan studi dokumentasi. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah presentasi dengan menggunakan rumus frekuensi.Dari hasil penelitian yang dilakukan maka dapat dilihat dari hasil rekapitulasi responden, baik dari rekapitulasi melalui test pemahaman dan rekapitulasi angket, dapat di lihat rekapitulasi melalui test pemahaman hipotesis yang mendukung (M) berjumlah 90%, sedangkan yang tidak mendukung (TM) berjumlah 10%. Dan rekapitulasi melalui angket hipotesis yang mendukung (M) berjumlah 80%, sedangkan yang tidak mendukung (TM) berjumlah 20%. Maka dapat disimpulkan efektivitas penggunaan metode diskusi dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di kelas XI SMA Kalam Kudus Medan pada semester genap tahun ajaran 2011/2012 adalah mendukung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 180.071 Sim e |
Keywords: | Pendidikan kewarganegaraan; Metode diskusi; Diskusi kelas; Hasil belajar |
Subjects: | J Political Science > JF Political institutions (General) > JF1338 Public administration > JF1501 Civil service L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 23 Dec 2016 09:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17332 |