Adawiyah, Rabiatul (2012) PENGARUH PENERAPAN DISIPLIN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS VIII SMP NEGERI 38 MEDAN SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
308311063 Abstrak.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
308311063 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
308311063 Bab I.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
308311063 Bab V.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
308311063 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan disiplin sekolah terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas VIII SMP Negeri 38 Medan Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2011/2012. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif yaitu metode yang digunakan untuk memecahkan, danmenjawab permasalahan yang dihadapi pada situasi sekarang yang akan dilakukandengan menempuh langkah-langkah pengumpulan data. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, dokumentasi, observasi, dan wawancara. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 38 Medan yang berjumlah 220 siswa. Sampel dalam penelitian ini 25% dari jumlah populasi yaitu sebanyak 55 siswa kelas VIII SMP Negeri 38 Medan yang diambil secara acak (random sampling). Teknikanalisis data menggunakan rumus product moment.Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dengan rumus product moment maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan disiplin sekolah terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas VIII SMP Negeri 38 Medan. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengolahan data dimana tingkat koefisien korelasi penerapan disiplin sekolah terhadap prestasi belajar siswa yaitu sebesar 0,444. Dengan demikian harga r hitung lebih besar dari harga kritik r tabel yaitu 0,266 (0,444 > 0,266). Kemudian hasil koefisienkorelasi tersebut diperkuat dengan perhitungan uji t diperoleh dengan harga t hitung lebih besar dari t tabel (3,567 > 1,671), maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 180.071 Ada p |
Keywords: | Pendidikan kewarganegaraan; Prestasi belajar; Disiplin sekolah |
Subjects: | J Political Science > JF Political institutions (General) > JF1338 Public administration > JF1501 Civil service L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 23 Dec 2016 03:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17326 |