EFEKTIFITAS PENERAPAN GENIUS LEARNING STRATEGY PADA MATERI LINGKUNGAN HIDUP KELAS XI SMA NEGERI 9 MEDAN T.A. 2011/2012

Ningsih, Sri Mira (2012) EFEKTIFITAS PENERAPAN GENIUS LEARNING STRATEGY PADA MATERI LINGKUNGAN HIDUP KELAS XI SMA NEGERI 9 MEDAN T.A. 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 05310997 Cover.pdf]
Preview
Text
05310997 Cover.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of 05310997 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
05310997 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (336kB) | Preview
[thumbnail of 05310997 Abstrak.pdf]
Preview
Text
05310997 Abstrak.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 05310997 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
05310997 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[thumbnail of 05310997 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
05310997 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview
[thumbnail of 05310997 Bab I.pdf]
Preview
Text
05310997 Bab I.pdf - Published Version

Download (300kB) | Preview
[thumbnail of 05310997 Bab VI.pdf]
Preview
Text
05310997 Bab VI.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 05310997 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
05310997 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Aktivitas belajar siswa melalui penerapan Genius Learning Strategy pada materi Lingkungan Hidup Kelas XI SMA Negeri 9 Medan T.A. 2011/2012, (2) Hasil belajar siswa melalui penerapan Genius Learning Strategy pada materi Lingkungan Hidup Kelas XI SMA Negeri 9 Medan T.A. 2011/2012, dan (3) efektifitas penerapan Genius Learning Strategy pada materi Lingkungan Hidup Kelas XI SMA Negeri 9 Medan T.A. 2011/2012.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian kelas XI IPS 1 yang berjumlah 39 siswa yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah observasi dan komunikasi tidak langsung, teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif.Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) penerapan Genius Learning Strategy dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi lingkungan hidup 56,33% pada siklus 1 menjadi 76,95% pada siklus 3, (2) Ketuntasan hasil belajar siswa pada materi lingkungan hidup juga meningkat dari 19,44% pada siklus 1 menjadi 86,49% pada siklus 3 dengan persentase gaya belajar Auditori lebih besar pada siklus 1(83,33%) dan 2 (83,66%), dan persentase gaya belajar Kinestetik lebih besar pada siklus 3(92,67%), dan (3) penerapan Genius Learning Strategy pada materi lingkungan hidup efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan tercapainya ketuntasan minimal secara klasikal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 910.157 7 Nin e
Keywords: Geografi; Strategi pembelajaran; Genius Learning Strategy; Lingkungan hidup
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 21 Dec 2016 06:43
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17309

Actions (login required)

View Item
View Item