Ningsih, Sri Mira (2012) EFEKTIFITAS PENERAPAN GENIUS LEARNING STRATEGY PADA MATERI LINGKUNGAN HIDUP KELAS XI SMA NEGERI 9 MEDAN T.A. 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
05310997 Cover.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
05310997 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
05310997 Abstrak.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
05310997 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
05310997 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
05310997 Bab I.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
05310997 Bab VI.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
05310997 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Aktivitas belajar siswa melalui penerapan Genius Learning Strategy pada materi Lingkungan Hidup Kelas XI SMA Negeri 9 Medan T.A. 2011/2012, (2) Hasil belajar siswa melalui penerapan Genius Learning Strategy pada materi Lingkungan Hidup Kelas XI SMA Negeri 9 Medan T.A. 2011/2012, dan (3) efektifitas penerapan Genius Learning Strategy pada materi Lingkungan Hidup Kelas XI SMA Negeri 9 Medan T.A. 2011/2012.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian kelas XI IPS 1 yang berjumlah 39 siswa yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah observasi dan komunikasi tidak langsung, teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif.Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) penerapan Genius Learning Strategy dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi lingkungan hidup 56,33% pada siklus 1 menjadi 76,95% pada siklus 3, (2) Ketuntasan hasil belajar siswa pada materi lingkungan hidup juga meningkat dari 19,44% pada siklus 1 menjadi 86,49% pada siklus 3 dengan persentase gaya belajar Auditori lebih besar pada siklus 1(83,33%) dan 2 (83,66%), dan persentase gaya belajar Kinestetik lebih besar pada siklus 3(92,67%), dan (3) penerapan Genius Learning Strategy pada materi lingkungan hidup efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan tercapainya ketuntasan minimal secara klasikal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 910.157 7 Nin e |
Keywords: | Geografi; Strategi pembelajaran; Genius Learning Strategy; Lingkungan hidup |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 21 Dec 2016 06:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17309 |